2009, Merpati Kerja Sama dengan 3 Pemda

VIVAnews - Merpati Nusantara menargetkan menjalin kerja sama operasi (KSO) dengan tiga pemerintah daerah tahun ini, di antaranya Pemerintah Daerah Puncak Jaya, Sorong, dan Banjarmasin. Direktur Utama Merpati Bambang Bhakti mengatakan, banyaknya peminat KSO, terutama di Indonesia Timur. 

"Saya melihat perkembangannya sangat menjanjikan terutama di Indonesia Timur," kata Bambang dalam Sosialisasi UU Penerbangan di Departemen Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Senin malam, 19 Januari 2009.

Proporsi KSO Merpati saat ini, menurut Bambang, terbilang masih kecil, masih di bawah 10 persen. Tahun ini Merpati akan memfokuskan diri pada pengembangan daerah timur Indonesia. Untuk mendukung bisnis KSO, pihaknya memperkirakan ada tambahan pesawat jet. "Tiga sampai lima pesawat. Tergantung KSO, apakah polanya sewa atau beli," katanya.

Secara keseluruhan, pada 2009 Merpati akan menambah 10 rute penerbangan menjadi 30 rute. Jumlah pesawat saat ini mencapai 18 pesawat. Sehingga pada akhir tahun Merpati memiliki sekitar 30 berbagai jenis pesawat. Sebelum adanya restrukturisasi, armada Merpati sebanyak 98 pesawat kemudian menciut menjadi 18 pesawat saja hingga 2008.

Mengenai utang Merpati Nusantara yang tersisa Rp 2,5 triliun, dia mengatakan, tahun ini restrukturisasi tahap kedua dimulai setelah restrukturisasi tahap pertama pada Agustus 2008 berakhir. "Target kami 2010 selesai dan kami bankable lagi," ujar Bambang. 

Sebanyak dua pertiga utang Merpati pada Bank BUMN, Pertamina, dan asuransi. Merpati yang selama tiga bulan terakhir 2008 mencatatkan laba sebesar Rp 15 miliar optimistis akan membukukan pendapatan Rp 200 miliar pada 2009. "Dengan kata lain, satu tambahan pesawat baru mendatangkan Rp7,5 miliar perbulan," kata Bambang.

Agar mencapai target tersebut, Merpati terus melakukan berbagai penyesuaian dalam berbagai hal termasuk sumber daya. Terakhir, Merpati merampingkan usahanya melalui pengurangan tenaga kerja dari 2.600 menjadi 1300. "Kami ingin memulai usaha penerbangan dari kecil dan sehat dulu," kata dia.

Puluhan Bocah Pelaku Tawuran Dihukum 'Mondok' Pesantren Kilat di Kantor Polisi
Aktris Korea, Joo Hyun Young

Fakta Menarik Joo Hyun Young, Pemeran Sa Wol Sahabat Idaman di The Story of Park’s Marriage Contract

Joo Hyun Young, dengan kehadirannya dalam drama Korea romantis tersebut, tidak hanya menghibur melalui perannya sebagai Sa Wol, tetapi juga membawa daya tarik khusus.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024