Jelang Pelantikan Presiden Baru AS

Obama dan Keluarga Wajib Hadiri 10 Pesta

VIVAnews - Pelantikan presiden baru Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dipastikan akan berjalan sangat meriah. Ini bukan saja perayaan bagi Obama dan keluarga, namun juga pesta bagi semua rakyat Amerika - baik yang hadir di Washington DC maupun di tempat-tempat lain.

Demikian ungkap David N. Merrill, diplomat veteran AS yang kini menjadi Presiden United States - Indonesia Society (USINDO), suatu lembaga yang berpengaruh dalam menjembatani persahabatan kedua negara. "20 Januari bakal menjadi hari yang sibuk bagi presiden baru dan keluarga," kata Merrill, dalam wawancara tertulis yang dikirim ke VIVAnews melalui email dari Washington DC, Jumat 16 Januari 2009.

Sesibuk apakah Hari Pelantikan itu bagi Obama dan keluarga? Merrill mengungkapkan bahwa, sesuai tradisi, presiden baru hari ini akan bertemu dengan presiden saat ini yang bakal pensiun dalam beberapa jam mendatang, George W. Bush. Mereka berdua akan bertemu di Gedung Putih dan berjalan bersama-sama ke gedung Capitol Hill (kantor Kongres AS) untuk menghadiri acara pelantikan.

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

"Di tempat itulah Barack Obama akan diambil sumpah menjadi presiden baru AS. Setelah itu Obama dan keluarga akan mengikuti acara pelepasan bagi Bush dan keluarga dan menghadiri jamuan makan siang," kata Merrill.

Setelah itu, presiden baru dan keluarga, bila tak ada halangan, akan menyaksikan parade dari Capitol Hill menuju Gedung Putih. Namun, bukan berarti acara pelantikan telah selesai. Obama dan keluarga wajib menghadiri sejumlah acara. "Di malam hari, akan ada sepuluh pesta dansa (ball) resmi untuk menyambut presiden baru. Obama dan keluarga diharapkan hadir di semua acara tersebut," kata Merrill.

Dia mengungkapkan bahwa, mengingat begitu banyaknya acara pada Hari Pelantikan, USINDO tidak menggelar acara khusus di Washington DC. Namun, USINDO akan menggelar pesta perayaan di Jakarta berupa "Friends of Obama Inaugural Ball."
 
Lalu, mengapa Hari Pelantikan presiden baru AS diadakan tanggal 20 Januari? Menurut Merrill, waktu penyelenggaraan sudah diatur dalam Amandemen ke-20 Konstitusi AS. Itu adalah waktu pengesahan perubahan tanggal pelantikan presiden baru, yang dulunya dilakukan pada bulan Maret.

Lagipula, semakin cepat presiden baru dilantik, pemerintahannya akan berjalan dengan efektif, apalagi saat negara diguncang krisis, seperti masalah ekonomi yang tengah melanda AS. "Dulu, di abad ke-19, presiden terpilih punya waktu empat bulan untuk melakukan persiapan dan transisi. Namun di saat-saat krisis - seperti yang terjadi pada pelantikan Abraham Lincoln maupun Franklin Delano Roosevelt - semakin lama tanggal pelantikan justru akan mengganggu jalannya pemerintahan," kata Merrill.

Anggota Polisi bagikan Takjil

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Menurut keterangan yang didapat dari akun Instagram, bahwa tak ada satupun pengendara yang melintas ke arahnya untuk mengambil takjil yang sudah disiapkan anggota polisi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024