Pelantikan Obama

Virus Jahat Incar Komputer Anda

VIVAnews -- Menjelang pelantikan presiden Amerika Serikat terpilih Barack Obama, ternyata banyak berseliweran isu-isu miring yang hendak mendompleng.

Ada e-mail yang menyebar, mengatakan bahwa Obama meninggal dunia, e-mail lainnya mengatakan bahwa Obama batal bersedia jadi presiden Amerika.

Bila menerima pesan seperti itu, sebaiknya berhati-hati, karena pesan spam itu merupakan tipuan semata. Di dalam tubuh e-mail, pengirim spam menyediakan link ke sebuah situs yang berbahaya.

Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil

E-mail spam berisi kabar palsu tentang Barack Obama
Bagi yang sempat menyambangi situs kampanye Barack Obama-Joe Biden, maka akan mendapati bahwa tampilan situs palsu itu sangat mirip dengan situs web aslinya.

Namun, ternyata situs ini berusaha memanfaatkan celah keamanan browser web pengunjung situs, dengan berusaha menginstalkan software berbahaya ke dalam komputer pengguna.

Kendati komputer kita telah mengunduh patch-patch (tambalan) terbaru, situs ini bisa menarik keingintahuan pengguna dengan memberikan link-link yang semuanya mengarah ke situs berbahaya lainnya.

File-file bahaya yang bisa terinstal secara tak sengaja lewat situs tersebut, antara lain mengambil nama usa.exe, obamanews.exe, pdf.exe, statement.exe, barackblog.exe, atau barackspeech.exe. Padahal, sebenarnya, file-file itu adalah identik.

Namun, para pengguna anti-virus Norton tak perlu khawatir, karena Symantec telah mampu mendeteksi file-file jahanam itu sebagai virus bernama W32.waledac.

Salat Tarawih Terlama di Ponpes Magetan, Dimulai Setelah Isya Selesai Waktu Sahur

Situs kampanye Obama palsu yang berisi program berbahaya

Virus ini mampu mengumpulkan informasi-informasi pribadi yang ada di dalam komputer terinfeksi, lalu menjadikannya sebagai komputer budak untuk mengirimkan spam ke berbagai e-mail lainnya (sebagai spam zombie).

Selain itu, maleware itu juga menyediakan celah belakang (back door) di komputer terinfeksi, agar ia tetap mudah diakses dan dikendalikan dari jauh.

Hasto Bantah PDIP Loyo soal Hak Angket: Kami Undang Semua Pihak untuk Berani

Ini bukanlah pertama kalinya, Obama dijadikan 'umpan' bagi para penyebar spam. Sesaat Obama memenangkan pemilu di negeri abang Sam, spam-spam serupa juga sempat bermunculan.

Jadi, boleh-boleh saja Anda mengikuti secara langsung proses pelantikan presiden Amerika Serikat Barack Obama. Namun, jangan terlalu larut, apalagi tertipu dengan e-mail berbahaya yang mendompleng Obamania.

SBY bersama Ibas Hadiri acara Jalan Sehat di Pacitan

Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

Putra bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan raihan suara tertinggi di dapilnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024