Produsen Mobil Tunda Luncurkan Model Baru

VIVAnews - Beberapa produsen mobil diperkirakan akan menunda peluncuran model baru kendaraan mereka pada tahun ini. 

"Krisis keuangan global, memaksa mereka berpikir ulang untuk meluncurkan model baru di tahun ini," kata Direktur Otomotif dan Transportasi Asia Pasifik Frost & Sullivan Vivek Vaidya di Jakarta, Selasa, 20 Januari 2009.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Sayangnya, dia enggan menyebutkan produsen mana saja yang berniat menunda peluncuran model terbaru mereka di tahun ini.

Kendati demikian, kata dia, setidaknya 16 model baru kendaraan rencananya akan diluncurkan tahun ini. Di antaranya, Suzuki Grand Vitara 2.4, Toyota Hillux Double Cabin, For Focus TDCL, dan Foton View XLC pada kuartal pertama. "Pada kuartal II-2009, ada Proton MPV, New Nissan Teana, New Honda Odissey, dan Hyundai 110," ujar Vivek.

Sedangkan pada kuartal III-2009, tutur Vivek, ada Foton SVP, Mercedez Benz E300, Mazda 2, dan Hyundai H1. Serta pada kuartal IV-2009, di antaranya Foton Midi, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota All New Corolla 2.0, dan Toyota Alphard 2.4.

Pada kesempatan itu, Frost & Sullivan merilis, pangsa pasar otomotif Indonesia pada tahun lalu (2008) dikuasai Toyota sebesar 35 persen. Sedangkan Daihatsu, Nissan, dan Mitsubishi juga mengalami peningkatan pangsa pasar dengan kompensasi penurunan pangsa pasar dari Suzuki dan Honda.

Posisi kedua pangsa pasar ditempati Mitsubishi dengan 15 persen. Ketiga diraih Daihatsu sebanyak 13 persen, Suzuki (12 persen) di posisi keempat, Honda (9 persen) kelima, keenam Nissan (5 persen), ketujuh Isuzu (4 persen), dan lain-lain sebanyak 7 persen.

Vivek juga mengatakan Daihatsu mengalami peningkatan pangsa pasar sebanyak 0,9 persen karena kontribusi penjualan Xenia dan Gran Max sebanyak 61.325 unit. Sedangkan Nissan mengalami peningkatan penjualan di 2008 sebesar 67 persen menjadi 31.880 unit karena peluncuran Livina XR dan Livina X-Gear.

"Mitsubishi juga mendapatkan keuntungan dari peningkatan ekspor sepanjang 2008, terutama pada kendaraan pick up dan truk," kata Vivek. Sehingga, penjualan Mitsubishi tumbuh lebih dari 42 persen menjadi 87.524 unit pada tahun lalu.

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024