Pemilu 2009

Partai Politik Ramai-ramai Rayu 7 Juta Waria

VIVAnews – Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional Dewan Perwakilan Rakyat, Rustam Effendy, mengatakan jumlah waria (wanita pria) di Indonesia mencapai tujuh juta jiwa. Mereka dinilai rentan dimanfaatkan partai untuk kepentingan pemenangan pemilihan umum.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

“Jumlah itu baru yang tercatat secara administrasi, belum lagi yang tidak tercatat,” kata Rustam setelah bertemu perwakilan waria di Komisi Bidang Tenaga Kerja, Parlemen Senayan, Kamis 22 Januari 2009.

Menurut Rustam, rupa-rupa cara digunakan partai untuk mendekati kelompok waria menjelang pemilu. Misalnya, partai merancang acara yang selalu melibatkan mereka. Tujuannya, kata Rustam, tentu menarik suara dari kelompok ini.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Rustam mengatakan potensi suara yang datang dari kelompok waria tergolong menggiurkan. Hanya saja, tidak semuanya yang memiliki kesempatan ikut pemilu. Sebab, sulit memiliki kartu tanda penduduk sebagai syarat terdaftar sebagai pemilih.

Yulianus, salah satu waria mengakui terdapat partai yang berusaha masuk ke kelompok waria. Partai yang bersangkutan, kata Yulianus, berjanji bakal memperjuangkan hak waria untuk tidak mendapat perlakuan diskriminasi dari anggota masyarakat.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Perwakilan waria itu datang ke Komisi IX DPR untuk meminta anggota dewan menghapus prilaku diskriminatif terhadap mereka. Kelompok ini mengusulkan kepada lembaga legislatif untuk membuat Undang-undang tentang Antidiskriminasi.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024