Kelenteng Petak Sembilan Banjir Pengemis

VIVAnews - Seperti tahun-tahun sebelumnya, lebih dari seratus pengemis memadati Vihara Hian Tan Keng, Vihara di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Di vihara yang dikenal dengan sebutan Kelenteng Petak Sembilan ini mereka berharap kecipratan angpao Imlek.

Dari pantauan VIVAnews terlihat ratusan pengemis mulai memadati vihara tersebut sejak pagi hari. Tidak hanya dari Jakarta, pengemis tersebut datang dari Bekasi, Bogor, Jawa Barat. Bahkan terdapat pengemis yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Dengan menggunakan payung mereka tampak memenuhi pelataran halaman vihara sambil menunggu jemaah yang ingin bersedekah. "Pengurus vihara biasanya mengkoordinir pembagian angpao (amplop berisi uang)," ujar salah seorang pengunjung kelenteng Cun Cun yang kebetulan membantu pelaksanaan sembahyang di vihara kepada VIVAnews, di Jakarta, Minggu 25 Januari 2009.

Menurut Cun, perayaan di Vihara Hian Tan Keng biasanya berlangsung sehari penuh. Hal itu dikarenakan banyak jemaat yang ingin melakukan sembahyang.

Imlek tahun ini jatuh pada 26 Januari 2009 (Tahun 2560). Berdasarkan penanggalan China, tahun baru ini merupakan tahun Kerbau. Dari penelusuran VIVAnews, Imlek biasanya selalu jatuh pada bulan baru (Chee It /Chu Yi) setelah memasuki Tai Han (T Kan) 21 Januari (Great Cold - saat terdingin), sampai dengan tibanya Hi Swi (Yi Suei) 19 Februari (spring showers - hujan musim semi). Tapi masih dapat ditolerir paling awal tiga hari sebelumnya.

Dalam sejarahnya, Imlek atau Sin Tjia adalah perayaan para petani Cina yang berkaitan dengan pesta menyambut musim semi. Perayaan ini dimulai pada tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir pada tanggal 15 bulan pertama. Kegiatannya meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada sang pencipta dan perayaan Cap Go Meh.

Dengan tujuan sebagai wujud Syukur dan doa harapan agar tahun depan mendapatkan rejeki yang melimpah. Perayaan dilakukan dengan  sembahyang di Kelenteng dan menjamu leluhur serta bersilaturahmi dengan para kerabat, keluarga dan tetangga.

Diskon Sepeda Motor Honda Mencapai Rp5 Jutaan

Perayaan ini juga dipengaruhi oleh kepercayaan masyarakat Cina. Agama Tridharma, gabungan tiga agama besar di Cina yaitu Kong Hu Cu, Taoisme, Buddha yang biasanya secara ritual dilakukan bersamaan dan tempat ibadahnya disebut Kelenteng.

Dalam perayaan Imlek biasanya juga selalu disajikan 12 macam masakan dan 12 macam kue sesuai dengan lambang  Shio yang ada dalam penanggalan Cina. Masakan dan kue yang disajikan mepunyai makna tertentu. Kue Lapis melambangkan harapan akan rejeki yang berlapis-lapis.

Sedangkan kue keranjang yang biasanya disusun ke atas dengan kue mangkok yang berwarna merah di bagian atasnya melambangkan kehidupan yang  manis dan menanjak serta kian mekar.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sebut Hasil Pemilu 2024 Diumumkan Besok

Menurut Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, dengan diumumkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu besok maka masih sesuai rencana.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024