Imlek 2560

Jauh-jauh dari Pontianak ke Petak Sembilan

VIVAnews - Tidak hanya didatangi warga yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, Kelenteng Hian Tan Keng (Petak Sembilan) juga memiliki arti khusus bagi warga di luar Pulau Jawa.

"Saya pulang-pergi ke Pontianak khusus untuk sembahyang di kelenteng ini," ujar Hendri yang sengaja datang dari Pontianak ke Kelenteng Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Minggu 25 Januari 2009.

Hendri beralasan, Kelenteng Petak Sembilan memiliki makna yang berbeda bagi dirinya dibandingkan kelenteng-kelenteng yang ada di Jakarta. Ia mengaku Kelenteng Petak Sembilan memiliki sejarah khusus baginya. "Sejak saya kecil, kelenteng ini sudah ada," katanya.

Dalam doa yang baru dilakukan di kelenteng tersebut, Hendri mengaku menyampaikan pengharapan agar dalam tahun baru ini Indonesia bisa menjadi lebih aman dan tidak akan muncul lagi huru-hara maupun keributan masal. 

Sementara untuk mengamankan berlangsungnya perayaan Imlek 2560 di kelenteng tersebut, kepolisian Sektor Tamansari Jakarta Barat menerujunkan 10 personel.  "Biasanya perayaan di sini berlangsung tertib," ujar salah satu aparat kepolisian AIPTU Nuri Ahmadi.

Nuri mengatakan, 10 personel yang diturunkan tersebut khusus mengawal pelaksanaan perayaan Imlek di salah satu vihara tertua tersebut. Sementara di titik-titik vihara lain, aparat kepolisian juga menempatkan personelnya.

Selama ini, lanjut Nuri, perayaan Imlek, khususnya proses pembagian angpao bagi pengemis berjalan dengan tertib. Sebab pengurus pembagian angpao dilakukan secara terkoordinir. "Kalau dibagikan satu-satu oleh jemaah, kami khawatir antara jumlah angpao dan penerimanya tidak sama," katanya.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024