Tak Bayar Listrik, Kakek 93 Tahun Mati Merana

VIVAnews - Nasib tragis menimpa seorang kakek berusia 93 tahun. Marvin E. Schur - demikian nama pria malang itu - mati kedinginan setelah beberapa hari hidup tanpa aliran listrik di rumahnya di distrik Oakland County, kota Bay City, Michigan, Amerika Serikat.

Schur hidup merana gara-gara perusahaan sambungan listrik menghentikan layanan setelah dia tidak mampu lagi membayar tagihan. Padahal Oakland County sedang dingin-dinginnya.

Surat kabar The Bay City Times, Senin 26 Januari 2009, melaporkan suhu di dalam rumah Schur bahkan sudah mencapai di bawah nol derajat celcius. Dia akhirnya "mati secara pelan-pelan dan menyakitkan," kata Kanu Virani, petugas otopsi yang memeriksa jenazah Schur.

Para tetangga menemukan Schur sudah terbujur kaku di dalam rumah tanggal 17 Januari 2009. Dengan suhu di rumah yang begitu dingin karena pemanas tak lagi berfungsi, dia kemungkinan besar menderita hypothermia yang disebabkan kedinginan.

"Hypothermia secara perlahan-lahan mematikan sistem dalam tubuh secara keseluruhan. Penderita hypothermia tidak gampang mati karena akan merasakan jari-jari di tangan dan kaki serasa terbakar," kata Virani.     

Manajer perusahaan layanan listrik Bay City Electric & Power, Robert Belleman, mengungkapkan bahwa Schur sudah menunggak tagihan senilai lebih dari US$1.000 (sekitar Rp 11,2 juta). Oleh karena itu petugas memasang perangkat "limiter" di rumah Schur pada tanggal 13 Januari 2009 untuk membatasi pemakaian listrik.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Alat itu meledak dan listrik padam bila pemakaiannya melebihi batas. Sepuluh hari setelah dipasang, limiter itu juga otomatis memadamkan listrik bila pelanggan masih belum juga melunasi tunggakannya.

Menurut Belleman, limiter yang dipasang di rumah Schur meledak saat antara tanggal pemasangan hingga saat ditemukannya jenazah. "Tungku pemanas tidak berfungsi, dan bagian dalam jendela rumah sudah penuh dengan es ketika kami menemukan mayatnya," kata George Pauwels Jr., tetangga yang menemukan Schur.

Sedangkan Belleman menyatakan pihaknya tidak bisa dipersalahkan atas tewasnya Schur karena yang bersangkutan sudah tidak bisa membayar tagihan listrik. "Saya dan para kolega sudah menyatakan bahwa masyarakat harus saling menjaga. Saat ada yang tidak beres, langsung hubungi dinas yang terkait atau institusi pemerintah kota," kata Belleman.

Schur tidak memiliki anak dan istrinya telah wafat beberapa tahun lalu. (AP)

Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024