Roadmap Atur Pertambahan Nilai Komoditas

VIVAnews - Peta jalan investasi yang diluncurkan pada hari ini, Selasa 27 Januari 2009, oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal akan mengatur spesifikasi pertambahan nilai komoditas tiga sektor yang menjadi prioritas.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Roadmap tersebut memilah investasi berdasarkan pertambahan nilai masing-masing komoditas," kata Kepala BKPM M Lutfi di sela-sela peluncuran Roadmap Investasi di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 27 Januari 2009.

Sektor yang menjadi prioritas BKPM dalam peta jalan tahun ini di antaranya sektor pangan, energi, dan infrastruktur. "Roadmap membagi pertambahan nilai komoditas tiga sektor tersebut untuk menciptakan pelayanan yang baik," katanya.
 
Lutfi mencontohkan beberapa komoditas prioritas seperti coklat, boksit, dan gas. "Contohnya coklat, jika investasi pada bijihnya saja maka nilainya hanya satu, sedangkan jika diubah menjadi mentega nilainya menjadi tiga kalinya. Sedangkan jika diolah menjadi coklat batangan nilainya menjadi 19 kali," kata Lutfi. 

Demikian juga dengan boksit. Bahan baku alumunium ini jika investasi hanya untuk bijih boksitnya nilainya hanya satu. Sedangkan jika diolah menjadi alumina nilainya menjadi delapan kali, dan nilai 30 kali jika sudah diolah menjadi alumunium. 

"Sedangkan untuk gas, jika hanya untuk listrik maka nilainya hanya satu. Diolah untuk pupuk, nilainya akan menjadi empat kali, dan akan menjadi sembilan kali jika digunakan untuk pengolahan besi," ujarnya.
 
Peta jalan juga mengatur kemungkinan sektor-sektor baru akan timbul dengan adanya suatu investasi. Misalnya, pengilangan minyak dengan kapasitas minimal 330 barel per hari akan menciptakan 42 sektor baru dengan jumlah tenaga kerja 930 ribu orang. Nilai investasi ini sebesar US$ 6 miliar.

Agar fokus ke sektor pangan, Lutfi tidak mengkhawatirkan harga komoditas yang beberapa waktu lalu sempat anjlok. "Memang harganya sempat turun, tapi permintaan dunia masih tetap. Ini hanya siklus ekonomi dunia," katanya.

Menurut Lutfi, harga komoditas kembali menarik. Asal harga minyak sawit mentah (CPO) tidak lebih dari US$ 700 per ton. Jika lebih dari angka tersebut, CPO indonesia siap bersaing dengan negara produsen lainnya.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024