Bus Kramat Jati Masuk Jurang

Polisi: Kondisi Kendaraan Tak Layak Jalan

VIVAnews - Kapolisian Wilayah Priangan Jawa Barat menduga, terjadinya kecelakaan bus Kramat jati yang menewaskan enam orang pada pagi hari, Senin 26 Januari 2009 kemarin, diakibatkan oleh kondisi kendaraan yang kurang layak jalan.

Menurut Kapolwil Priangan Kombes Pol Anton Charlian, berdasarkan keterangan salah seorang penumpang selamat yang duduk bersebelahan dengan sopir menyatakan, sebelum kecelakaan terjadi, ditengah perjalanan awak bus terus mengisi oli kendaraannya.

"Asumsi sementara kami, kemungkinan kecelakaan itu terjadi akibat adanya kerusakan alat kendaraan seperti perseneling dan rem. Bukan karena sopir ngantuk atau human eror," ujar Anton saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 27 Januari 2009.

Oleh karena itu, pihaknya meminta intansi terkait untuk lebih memperketat pemberian keterangan uji kelayaakan kendaraan.

"Alangkah baiknya bila pengecekan kendaraan dilakukan pula di pool bus dan terminal sebelum diberangkatkan. Sehingga tidak menimbulkan kecelakaan yang dapat mengancam keselamatan umum," tegasnya.

Namun, tambah Anton, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium dan keterangan para ahli, untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan tersebut.

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Tampil di Coachella 2024, Vokal LE SSERAFIM Kena Kritik Pedas Netizen
Suzuki Jimny kena recall

Suzuki Jimny 3 Pintu di Indonesia Bermasalah Pompa Bahan Bakar, Apa Efeknya Jika Tak Diganti?

Pemilik mobil Suzuki Jimny 3 Pintu diharapkan membawa mobilnya ke bengkel resmi karena adanya masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar. Apa efeknya jika tak diganti?

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024