Broker Makin Tidak Aman

Dradjad Ancam Kampanye Tinggalkan Bursa

VIVAnews - Anggota Komisi Keuangan DPR, Dradjad H Wibowo mendesak agar Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengambil tindakan cepat terhadap kasus penyalahgunaan rekening investor yang dilakukan oleh pialang.

Dradjad mengancam akan mengkampanyekan agar publik meninggalkan pasar modal, jika Bapepam-LK tidak bisa memberikan jaminan terhadap keamanan dana nasabah yang dipergunakan oleh broker.

Dradjad mengingatkan, selama ini banyak praktek dana nasabah dipergunakan oleh broker tanpa seizin nasabah. Bahkan Dradjad mengaku sering didatangi investor yang mengeluhkan uangnya dipakai transaksi oleh pialang tanpa seizin pemilik rekening. Untuk itu dia meminta agar Bapepam-LK memperketat pengawasan terhadap broker.

"Kalau transaksi kalah dibebankan nasabah, tetapi kalau menang diambil," ujarnya. "Ini menyebabkan pasar modal kehilangan kepercayaan. Bapepam harus menjamin keamanan dana nasabah."

Ketua Bapepam-LK, Fuad Rahmany mengatakan sistem di pasar modal serba cepat. Akses pialang terhadap rekening nasabah sangat terbuka sehingga rawan terjadinya penyelewengan oleh broker.

Fuad menyarankan agar nasabah juga hati-hati memilih pialang. Investor juga harus mempunyai kewaspadaan dan tidak hanya bergantung kepada regulator. "Investor juga harus waspada terhadap uangnya," kata Fuad seusai raker antar Menteri Keuangan dengan Komisi XI DPR di Jakarta Selasa 27 Januari 2009.

Dia mengingatkan tidak ada sistem yang bisa 100 persen aman, karena di bank juga bisa terjadi pelarian dana. Bapepam-LK akan selalu menjaga sistem yang ada agar berjalan baik. Otoritas pasar modal juga memeriksa beberapa pialang yang sewenang-wenang menggunakan dana nasabah.

"Dalam kasus kecil, kami tegur, kami minta agar broker itu mengembalikan dana," ujarnya. Menurut dia, selalu saja ada oknum yang nakal. "Kami selalu tegas, kami panggil pialang, itu tidak pernah kami umumkan."

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
Evakuasi jasad NA istri yang dibunuh oleh suaminya.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Menurut saksi, suami dan istri itu sempat bertengkar hebat di kamar. Ada luka tusukan di bagian kepala korban.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024