Yudhoyono: Sebelum Mengkritik, Berkaca Dulu

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menekankan pentingnya mereformasi diri sebelum mengkritik orang lain. Yudhoyono menyarankan agar si pengkritik melihat dirinya lebih dulu apakah lebih baik dari orang yang dikritik.

"Sebelum kita menuding, menyalahkan dan mengkritik, mari kita lihat diri kita sendiri, apa yang telah kita perbuat cukup atau tidak, dan ke depan kita ingin meningkatkan darma bakti kita atau tidak," kata Yudhoyono dalam pidato membuka Kongres XX Ikatan Notaris Indonesia (INI) di Royal Ballroom, Hotel JW Marriot, Surabaya, Rabu, 28 Januari 2009.

"Mari kita berkaca kepada diri kita dulu sendiri. Baru setelah itu, kita mengajak, jangan mencaci maki," kata Yudhoyono di hadapan 2.000 notaris dari seluruh Indonesia, seperti dirilis www.presidensby.info itu.

Presiden berharap seluruh notaris di Indonesia harus menjadi tetap menjunjung kode etik dan idealisme serta dapat mempertanggungjawabkan segala hal yang telah dikerjakannya. Presiden berpesan supaya jasa kenotariatan menjadi semakin baik. "Jangan justru menambah kesemrawutan dari hal-hal yang belum bisa diperbaiki. Perkuat dunia bisnis, dunia investasi dan jasa pelayanan," ujar Presiden.

Hadir dalam acara peresmian pembukaan kongres tersebut, antara lain, Menteri Komunikasi dan Informatika M Nuh, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalatta, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, Sekretaris Kabinet Sudi SIlalahi serta dua Juru Bicara Presiden, Andi A. Mallarangeng dan DIno Patti Djalal.

Selasa lalu, 27 Januari 2009, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyindir pemerintah telah memperlakukan rakyat seperti Yoyo. "Saya sangat berharap pemerintah jangan jadikan rakyat seperti permainan anak anak Yoyo, naik turun, naik turun, lempar ke sana ke mari," kata Megawati dalam pidatonya membuka Rapat Kerja Nasional PDIP di Solo.

Menanggapi sindiran itu, Juru Bicara Presiden, Andi A Mallarangeng, menyatakan Megawati masih menggunakan jurus lama. "Ibu Megawati dan Pak Taufiq Kiemas tampaknya sama saja, tetap menggunakan jurus yang itu-itu juga," katanya.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Timnas Qatar U-23 rayakan gol lawan Timnas Indonesia U-23

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024