Biasakan Si Kecil Gemar Membaca

VIVAnews – Di era teknologi saat ini, membaca bagi sebagian anak-anak adalah kegiatan yang membosankan. Ketika disodori buku bacaan, mereka malah mengacuhkannya bahkan melemparkannya. Kebanyakan anak lebih memilih menonton televisi, bermain game di ponsel atau komputer.

Puluhan Ribu Pengendara Motor Kena Tilang Gara-gara Benda Ini

Kalau sudah begini, sebagai orang tua Anda tidak boleh membiarkan anak terlalu banyak menghabiskan waktunya memelototi televisi  atau bermain game.

Usia anak-anak merupakan periode emas perkembangan otak mereka yang dapat dirangsang dengan banyak membaca. Anda tak boleh putus asa untuk membujuknya mencintai bacaan. Bacaan bisa membuat kemampuan otak mereka bekerja lebih baik.
Bagaimana tips supaya anak suka membaca? Berikut beberapa cara untuk membuat kegiatan membaca jadi seru dan menyenangkan bagi si kecil.

Indonesia Secures Rice Import Deal with Cambodia Ahead of Eid al-Fitr

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jangan pernah memaksa si kecil untuk membaca sebuah buku. Jika, Anda membelikan buku baru untuknya dan ia tidak mau membaca, bacakan saja dulu buku itu untuknya.

Bacakan buku tersebut dengan antusias dan ceritakanlah pada si kecil bahwa buku itu sangat menarik. Buatlah seakan-akan diri Anda sebagai pendongeng handal. Lalu, gantungkan cerita tersebut. Jika si kecil penasaran ajaklah dia untuk membaca bersama. Jadi Anda juga tetap membimbingnya ketika ia sedang membaca.

Erick Thohir Angkat Asisten Prabowo Jadi Komisaris Pindad

Lalu, ketika si kecil memang sedang malas membaca jangan memaksanya. Tanyakan saja padanya alasan mengapa ia tidak mau membaca. Bisa jadi karena sikap kita yang selalu menyuruh dan memaksanya untuk membaca. Atau mungkin saja jenis buku bacaan yang ada di rumah tidak menarik baginya.

Jika demikian, ajak saja dia untuk memilih buku bacaannya sendiri. Dan, tentunya bukan bacaan komik. Membaca komik memang tidak salah tapi coba tawarkan alternatif buku bacaan jenis lain pada si kecil.

Saat sedang membaca dan tiba-tiba di tengah bacaan ia meninggalkannya begitu saja, Anda tidak perlu marah. Mungkin saja cerita atau tema dalam buku itu tidak menarik baginya. Hal itu sangat wajar, sama seperti saat kita menonton film dan meninggalkannya ditengah adegan.

Ada beberapa anak yang mau membaca sampai habis meskipun buku itu tidak disukainya. Tetapi ada juga yang meninggalkannya begitu saja saat baru membaca dua halaman. Hal itu hanya masalah selera.

Untuk membuat si kecil menyukai berbagi jenis bacaan, ajak sesekali ke perpustakaan atau taman bacaan yang menarik. Melihat buku yang demikian banyaknya bisa membuatnya lebih antusias. Tunjukkan pembagian jenis buku di perpustakaan, lalu ajarkan dia bagaimana mencari buku sesuai jenisnya.

Buatkan pula kartu anggota perpustakaan dengan namanya sendiri, pasti ia merasa senang dan bangga. Dengan mengajak si kecil  ke perpustakaan atau taman bacaan, ia mendapatkan pengalaman baru dan bisa lebih mengenal berbagai jenis buku bacaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya