Sertifikasi Pangan Organik

7 Lembaga Lolos Akreditasi

VIVAnews – Sebanyak tujuh lembaga sertifikasi pangan organik (LSPO) lolos akreditasi Komite Akreditasi Nasional. Lembaga-lembaga itu di antaranya Sucofindo (Jakarta), Mutu Agung Lestari (Jakarta), Indonesia Organic Farming Infection and Certification (Bogor), BIOCert Indonesia (Bogor), LSPO Sumatera Barat, Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (Mojokerto), dan Persada (Yogyakarta).

Dengan demikian ketujuh LSPO tersebut berhak melakukan penilaian kesesuaian terhadap pelaku usaha yang memproduksi, mengolah, dan menyiapkan pangan organik sesuai SNI 01-6729-2002 tentang Sistem Pangan Organik.

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama

Keberadaan LSPO, kata Bambang, sangat mendesak mengingat penggunaan label organik yang saat ini marak dilakukan belum semuanya mencerminkan proses produksi yang sesuai dengan sistem pertanian organik. “Saat ini kesadaran konsumen untuk mengkonsumsi bahan pangan organik mulai meningkat,” kata Ketua KAN Bambang Setiadi dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis 29 Januari 2009.

Pemberian akreditasi ini, kata dia, merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara KAN dengan Departemen Pertanian selaku otoritas kompeten pangan organik pada 5 November lalu. “Dalam MoU tersebut disebutkan KAN diberi pelimpahan sebagian tugas otoritas kompeten pangan organik, yakni dalam verifikasi LSPO,” ujarnya.

Tim Hukum Prabowo Sebut Amicus Curiae MK Bentuk Intervensi Peradilan
Pemain Juventus usai dikalahkan Udinese

Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus

Duel Cagliari vs Juventus dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di Stadion Unipol Domus, Sabtu 20 April 2024, pukul 01.45 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024