Johanna Sigurdardottir

Mantan Pramugari Harapan Rakyat Islandia

VIVAnews - Johanna Sigurdardottir, mantan pramugari yang karirnya melejit di dunia politik, dalam pekan ini bersiap menjadi Perdana Menteri interim perempuan pertama di Islandia.

Ayah Model Gigi-Bella, Mohamed Hadid Sindir Joe Biden Karena Bela Israel

Tak hanya itu, perempuan berusia 66 tahun ini akan menjadi pemimpin pertama di dunia yang jauh-jauh hari telah menyatakan diri sebagai lesbian (penyuka sesama perempuan).

Saat ini Johanna hidup bersama seorang jurnalis perempuan, Jonina Leosdottir, yang telah menjadi pasangan hidupnya lewat sebuah upacara tahun 2002 lalu. Sebelumnya, Johanna pernah menikah dengan seorang pria.
 
Johanna mengawali kiprah di panggung politik sebagai seorang pengurus serikat pekerja saat masih menjadi pramugari di maskapai penerbangan Loftleidir Airlines (sekarang Icelandair) antara tahun 1960-an dan 1970-an.

Dia terpilih menjadi anggota Parlemen Islandia tahun 1978. Sembilan tahun kemudian, perempuan kelahiran 4 Oktober 1942 ini menjadi Menteri Sosial hingga 1994, dan lagi pada tahun 2007 hingga sekarang.

Meski telah lanjut usia, warga Islandia mencintai Johanna. Mereka menganggap perempuan yang rambutnya sudah memutih ini sebagai 'pemberontak'.

MK Ungkap Konsekuensi Jika Kesimpulan Sengketa Pilpres Tak Diserahkan Hari Ini

Penduduk negara pulau di utara Samudra Atlantik menghormati Johanna yang tanpa kenal lelah terus berusaha meningkatkan kesejahteraan kelompok minoritas.

Namun mungkin yang paling fenomenal adalah penolakannya atas tawaran untuk menjadi ketua Partai Demokratik Sosial, 1994 silam. Partai Demokratik Sosial adalah pelopor Partai Aliansi Demokratik Sosial yang ada sekarang. Saat itu, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Kamis 29 Januari 2009, Johanna mengatakan: "Waktu saya akan tiba."

Tahun 1995, dia mengundurkan diri dari Partai Demokratik Sosial dan membentuk partai sendiri bernama Tjodvaki. Partai Tjodvaki yang berarti 'membangunkan negara' memenangkan empat kursi parleman.

Johanna kemudian bergabung kembali dengan mantan partainya ketika Partai Demokratik Sosial melebur dengan tiga kelompok sayap kiri lain pada 1999 dan 2000.

Johanna menghadapi tugas berat saat menjabat nanti. Dia harus memperbaiki kondisi ekonomi Islandia yang telah hancur dan merebut kembali kepercayaan rakyat kepada pemerintah. Rakyat Islandia kecewa pada pemerintah yang tidak sanggup menyelamatkan dunia perbankan sehingga negara yang pernah makmur ini harus menghadapi mimpi buruk.

Senin lalu, pemerintah konservatif Islandia kandas setelah bank-bank pemerintah bangkrut akibat tumpukan beban hutang selama bertahun-tahun. Mata uang Islandia, krona, anjlok hingga tak bernilai. Inflasi dan pengangguran meningkat tajam.

Dalam waktu dekat, Johanna akan resmi diangkat menjadi perdana menteri interim oleh koalisi partai Aliansi dan partai sayap kiri Left-Green. Johanna akan memimpin Islandia hingga pemilihan umum digelar Mei mendatang.

"Dia adalah anggota senior Parlemen, dia dihormati dan dicintai oleh rakyat Islandia," kata Menteri Lingkungan Hidup, Thorunn Sveinbjarnardottir yang menjadi anggota partai Aliansi.

Namun badai kritik dari kalangan konservatif tetap menghantam. Mereka mengatakan bahwa politik arus kiri yang diikuti Johanna tidak akan membantu memperbaiki ekonomi. "Johanna adalah perempuan baik, tetapi dia gemar memboroskan uang, dia adalah penimbun pajak," kata Geir Haarde yang mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri Senin lalu, sebagian karena alasan kesehatan.

Islandia telah bernegosiasi soal dana talangan tujuh miliar euro dari Dana Monter Internasional (IMF) dan negara lain agar negara bangsa Viking itu tidak tenggelam. Namun belum ada solusi jangka panjang yang bisa mereka terapkan.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

IMF memprediksi bahwa ekonomi Islandia sedang menghadapi kemerosotan terburuk sejak negara itu memenangkan kemerdekaan penuh dari Denmark, 1994 silam.

Bayer Leverkusen Juara Bundesliga 2023/2024

Penantian 120 Tahun, Ini 5 Fakta Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Musim 2023/2024

Bayer Leverkusen berhasil menjadi juara Bundesliga musim 2023/2024 setelah mengalahkan Werder Bremen dengan skor 5-0.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024