Teropong Solar Boscha Kelar Maret

VIVAnews - Direktur Observatorium Boscha Lembang, Taufiq Hidayat mengatakan, pembangunan gedung teropong solar (matahari) akan kelar sekitar bulan Maret. 

"Sebenarnya kami menargetkan Januari ini sudah selesai, tapi ternyata ada kemunduran," ujar Taufiq, pada saat kunjungan rombongan Microsoft ke observatorium itu Rabu malam, 28 Januari 2009.
 
Rencananya, kata Taufiq, teleskop solar itu akan disandingkan dengan software World Wide Telescope yang disumbangkan Microsoft sejak tahun lalu.

World Wide Telescope (WWT) adalah software semacam Google Earth yang diaplikasikan untuk mengenali benda-benda langit, seperti galaksi, bintang-bintang, planet, dan awan antar bintang. 

Bila Google Earth menunjukkan kondisi geografis di bumi, software WWT menunjukkan konstelasi benda-benda langit yang berada di atas koordinat daerah tertentu.

Ia bisa menampilkan kondisi langit di daerah tertentu secara seketika (real-time) karena terhubung dengan database sumber-sumber terpercaya, melalui internet. Sumber-sumber database itu meliputi observatorium-observatorium dan satelit milik NASA.

Pada 26 Januari lalu, software ini juga telah digunakan untuk mengamati gerhana matahari cincin yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, dan bisa langsung mengirim streaming data-data pengamatan teleskop kepada pihak-pihak lain melalui internet.

Bila nanti software ini digunakan bersama teleskop solar Boscha, ia akan sangat membantu dalam hal pendidikan astronomi. "WWT akan membantu kita untuk mengetahui adanya bintik matahari, spektrum-spektrumnya, serta unsur-unsur yang terkandung di matahari," ujar Taufiq.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid
Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Inter Milan memastikan Scudetto Serie A musim 2023/2 usai menekuk rival sekota AC Milan 2-1. Prestasi itu membuat Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024