Banjir Bengawan Solo

Pusat Krisis Kirim 10 Ton Makanan dan Obat

VIVAnews - Pemerintah pusat segera mengirimkan bantuan bagi korban banjir luapan Sungai Bengawan Solo. Untuk wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, masing-masing dikirimkan lima ton bantuan.

"Pengiriman bantuan sedang dijalan, jumlahnya sekitar lima ton untuk makanan pendamping Air Susu Ibu," ujar Kepala Pusat Pengendali Krisis Departemen Kesehatan, Rustam S Pakaya dalam perbincangannya kepada VIVAnews melalui telepon, Minggu 1 Februari 2009.

Sungai Bengawasan Solo meluap karena hujan yang terjadi sejak Jumat, 30 Januari 2009, malam. Sungai lain yang meluap akibat luapan Bengawan Solo ini antara lain Bengawan Madiun.

Daerah yang terimbas banjir akibat luapan air dari Sungai Bengawan Solo untuk di Jawa Tengah yakni, Sragen, Pati, dan Demak. Sedangkan daerah yang terendam di wilayah Jawa Timur adalah Jember, Lumajang, dan Gresik.

Akibat banjir ini, sekitar 300 kepala keluarga atau sekitar 1.200 orang dilaporkan mengungsi. Menurut Rustam, pengiriman bantuan untu antisipasi banjir ini tidak hanya untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada tujuh daerah lainnya di seluruh Indonesia yang juga mendapat bantuan tanggap darurat banjir.

"Daerah lain itu yakni, Medan, Palembang, Banjarmasin, Jakarta, Bali, Makassar dan Manado. Untuk Jawa Timur itu Surabaya, dan Jawa Tengah itu di Semarang," kata Rustam. Sembilan wilayah itu merupakan titik-titik nasional pengiriman bahan bantuan. Setiap wilayah mendapatkan lima ton. "Jadi totalnya ada 45 ton sudah kami kirimkan," tambah Rustam.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024