Kandidat Dirut Wanita Pertama

Karen Sudah Ikuti Ujian Calon Dirut Pertamina

VIVAnews - Direktur Hulu PT Pertamina Karen Agustiawan telah mengikuti wawancara dengan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil terkait dengan pencalonannya sebagai Dirut PT Pertamina.

"Ya, boleh dikatakan begitu," ujar Karen kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 2 Februari 2009. Saat itu dia ditanya apakah dirinya sudah mengikuti fit and proper test calon Dirut Pertamina.

Namun, Karen tidak mau menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. "Nanti saja ya, saya belum mau berkomentar dulu."

Sumber di Kementerian BUMN mengakui bahwa uji kepatutan dan kelayakan calon Dirut Pertamina telah dilakukan pada Sabtu lalu, 31 Januari 2009. "Interview sudah selesai Sabtu lalu, 31 Januari," ujar sumber itu, Senin, 2 Februari 2009.

Namun, menurut dia, sejumlah calon tersebut masih belum diajukan ke Tim Penilai Akhir yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Karen adalah salah kandidat kuat Dirut Pertamina menggantikan Ari Hernanto Soemarno. Dalam situs Pertamina Selasa 27 Januari 2009, wanita yang dilahirkan di Bandung, 50 tahun silam itu mengawali karirnya sebagai commercial manager for consulting and project management Halliburton Indonesia. Halliburton merupakan perusahaan jasa perminyakan asal Amerika Serikat.

Saat masuk Pertamina, lulusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung ini, menjadi staf ahli direktur utama bidang hulu Pertamina.

Sedangkan pada 5 Maret 2008, Kementerian Negara BUMN melantik Karen sebagai direktur hulu Pertamina menggantikan Sukusen Soemarinda.

Pelantikan ini bersamaan dengan Rukmi Hadihartini sebagai direktur hulu menggantikan Suroso Atmomartoyo, dan Waluyo sebagai direktur umum dan sumber daya manusia menggantikan Soemarsono.

Saat ini, Karen menjadi calon wanita pertama dalam bursa direktur utama Pertamina.  Calon lain yang santer disebut adalah Direktur Pemasaran Pertamina Achmad Faisal.

Pengalamannya sebagai direktur yang membawahi sektor hulu dianggap penting untuk mendongkrak bisnis Pertamina yang mengandalkan sebagian besar pendapatannya dari usaha hulu migas. Hampir 95 persen pendapatan Pertamina disumbang dari bisnis hulu.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong
Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Ramadan menghadirkan kesan yang lebih mendalam saat dirayakan bersama keluarga. Namun, berbeda dengan sejumlah artis ini karena memiliki pasangan beda agama.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024