Cybercrime Rugikan Rp 11.700 Trilliun

VIVAnews - Pencurian data dan tindak kriminal yang terjadi di dunia maya menurut hasil riset yang dilakukan oleh firma keamanan McAfee telah merugikan organisasi bisnis dunia hingga US$ 1 triliun atau setara Rp 11.700 triliun.
 
Angka tersebut merupakan nilai yang dihitung dari hilangnya kekayaan intelektual perusahaan dan pengeluaran-pengeluaran seputar perbaikan kerusakan yang terjadi selama tahun 2008.
 
Estimasi tadi diperoleh McAfee dari survei yang dilakukan oleh 800 CIO (chief information officer) yang berkantor di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, Cina, India, Brazil, dan Dubai.
 
Menurut data McAfee, yang dilansir dari situs CNET, Senin 2 Februari 2009, para responden memperkirakan total nilai kehilangan data mereka mencapai US$ 4,6 miliar atau Rp 52,2 triliun akibat ulah para cracker.

Sementara biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki infrastruktur setelah terjadi pelanggaran yaitu mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 6,8 triliun.
 
Di samping itu, para responden juga mengakui bahwa resesi ekonomi yang melanda seluruh dunia saat ini akan merangsang pertumbuhan ancaman terhadap keamanan korporasi.

Sekitar 42 persen di antaranya mengatakan, pemecatan karyawan merupakan ancaman terbesar perusahaan terhadap keamanan informasinya.
 
Pada laporan McAfee berjudul "Unsecured Economies: Protecting Vital Information", yang dirilis pada pertemuan tahunan World Economic Forum di Swiss, ditemukan bahwa negara-negara berkembang mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang negara-negara Barat untuk memproteksi properti intelektualnya.
 
Sayangnya, McAfee tidak memaparkan secara detail berapa besaran alokasi dana perusahaan untuk mengamankan informasi dan properti intelektualnya.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024