AMD Luncurkan Lima Prosesor Anyar

VIVAnews -- AMD baru-baru ini meluncurkan lima prosesor baru untuk data center, yaitu prosesor Quad-Core (empat inti) AMD Opteron HE.

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

HE adalah singkatan dari Highly Efficient. Prosesor ini mengkonsumsi 55 watt daya rata-rata (average CPU power/ ACP), dirancang untuk data center yang hemat energi dan berbiaya murah.

Bila dibandingkan dengan prosesor pendahulunya, yang menggunakan daya sebesar 75 watt atau 105 watt, ia jauh lebih irit. Selain itu, saat dijalankan, server yang menggunakan prosesor ini juga tak akan mudah panas.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Kini prosesor AMD itu telah terpasang pada delapan sistem server dari Hewlett-Packard (HP). Ia diyakini mampu membantu pelanggan secara cepat untuk mengenali penyimpanan daya, dan peningkatan kinerja virtualisasi.

Selain itu, OEM-OEM global termasuk Dell, Sun, dan penyedia solusi lain diharapkan tersedia dalam waktu dekat di kuartal ini

Prosesor berteknologi produksi 45nm itu memiliki kecepatan berkisar 2,1-2,3 GHz. Ia mampu memaksimalkan kinerja selama jam-jam kerja puncak, sekaligus mampu mengatur energi selama tak dimanfaatkan/ idle.

Server ini menggunakan daya 20 persen lebih kecil ketika idle, lebih rendah dibandingkan sistem-sistem lain yang memiliki konfigurasi yang sama. AMD mengklaimnya mampu mengurangi ongkos energi, tanpa perlu mengorbankan fitur-fitur prosesor lain saat digunakan secara normal.

"Di kondisi ekonomi seperti sekarang, manajer-manajer data center dituntut mengurangi biaya tanpa mengorbankan fitur-fitur terbaru maupun kinerja,” ungkap Patrick Patla, general manager, Server and Workstation Business, AMD.

Selain menawarkan pilihan konfigurasi yang luas, kinerja-per-watt yang efesien, ia meminmalkan kemungkinan terjadi kemacetan leher botol (bottle neck) pada saluran data front-side bus.

Selain itu, AMD juga mengumumkan ketersediaan dua buah prosesor 45nm Quad-Core (empat inti) AMD Opteron SE, yang berkecepatan clock 2.8 GHz.

Dengan konsumsi daya 105 watt ACP, menurut AMD, prosesor ini memiliki kinerja yang paling intensif dan cocok untuk beban data center. Prosesor baru ini juga akan segera tersedia pada tige jenis server dari HP, dan juga dari mitra-mitra teknologi AMD lainnya.     

Pemain MU yang Tak Diinginkan Jose Mourinho Masih Ada Sampai Sekarang
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

Menurut Zulhas, jika ke depan banyak yang hebat maka dipersilakan untuk masuk dan dipilih jadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024