Gedung Baru DPR Akan Disayembarakan

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat sedang menggodok rencana pembangunan gedung baru dan rumah dinas wakil rakyat. Untuk gedung parlemen baru, Dewan menggodok rencana sayembara desain gedung.

"Kami ingin agar desain gedung DPR disayembarakan, tidak langsung dirancang oleh konsultan," kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ganjar Pranowo, kepada VIVAnews, Senin, 2 Februari 2009, malam.

Gedung parlemen, kata Ganjar yang mewakili fraksinya membahas soal gedung baru itu dalam Rapat Konsultasi DPR itu, merupakan rumah rakyat, maka partisipasi rakyat diperlukan sejak pembuatan desain gedung.  "Siapa saja boleh ikut, bisa perguruan tinggi, mahasiswa, asosiasi arsitek, dan lain-lain.  Bahkan kalau bisa pesertanya tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional," katanya.

Rancangan diharapkan yang mencerminkan rakyat Indonesia dan sejarah Republik serta demokrasi di Indonesia. Selain itu, gedung diharapkan mampu menampung sumber daya parlemen yang melimpah karena akan ada penerapan satu staf ahli untuk satu anggota parlemen.

"Grand design Gedung DPR ini ditargetkan selesai pada periode ini.  Namun untuk proses pembangunannya, terserah kepada anggota DPR periode berikutnya," kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada itu. "Bila pemikiran mereka nanti sama seperti kami sekarang, ya silahkan grand design tersebut dilanjutkan ke proses pembangunan.  Karena itu dana pembangunan tidak akan dianggarkan sekarang. Kan sangat mahal."

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024