38 Ribu Hektare Sawah Terendam Banjir

VIVAnews - Hujan yang terus mengguyur di sejumlah wilayah, sedikitnya tercatat 38 ribu hektar sawah di Jawa Barat terendam banjir. Dari jumlah tersebut sebanyak 11 ribu hektar mengalami puso.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat, Helmi Anwar, jumlah sawah yang terendam banjir itu merupakan hasil pendataan mulai November 2008 hingga Januari 2009.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Banjir terbesar melanda persawahan di daerah pantura. Jumlah terbesar berada di Karawang sebanyk 10.720 hektar dan disusul Bekasi sebanyak 10 ribu hektar sawah.

"Jumlah ini relatif menurun bila dibandingkan rata-rata lima tahunan. Pada tahun lalu julah sawah yang terendam banjir berkisar 51 ribu hektar dan puso mencapai 20 ribu hektar," ujarnya di Gedung Sate Bandung, Selasa, 3 Februari 2009.

Pada musim tanam kali ini lanjut Helmi, pihaknya menduga sawah yang terkena banjir akan semakin meluas pada pertengan Februari mendatang. Menyusul masih tingginya curah hujan yang terjadi hingga Maret mendatang. "Untuk mengantisipasinya, kita sudah mengusulkan 300 ton benih ke Balai Cadangan Benih Nasional di Jakarta," ujarnya.

Namun meskipun begitu, pihaknya optimis gabah kering giling di Jawa Barat pada tahun ini akan mengalami surplus sebesar 1,2 juta ton dari target 10,7 juta ton. Selain itu Jawa Barat pun masih mampu menyumbang cadangan beras nasional hingga 20%.

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Hwang Sun-hong,

Pengakuan Jujur Pelatih Korea Selatan U-23 Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Timnas Korea Selatan U-23 lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 sebagai juara Grup B. Mereka akan menghadapi Timnas Indonesia U-23

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024