Parkir Gratis Mulai Berlaku Hari Ini

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merealisasikan pemberlakukan parkir gratis mulai hari ini, 4 Februari 2009. Syaratnya, pengendara harus memiliki lima karcis parkir bekas.

Setiap lima kali parkir, pengendara dibebaskan biaya parkir yang keenam dengan menunjukkan lima karcis parkir sebelumnya. Hal ini mendorong pengendara untuk selalu meminta karcis parkir kepada petugas.

Program lima kali parkir gratis satu ini ditempuh untuk menekan kebocoran pemasukan dari retribusi parkir tepi jalan atau on street. Program ini diharapkan mendorong warga untuk meminta karcis dari juru parkir.

Awalnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberlakukan karcis parkir berhadiah untuk meningkatkan retribusi dari parkir. Tapi dengan berbagai pertimbangan, program undian karcis parkir dibatalkan dan diganti program lima kali parkir gratis satu.

Data Biro Keuangan Pemprov DKI menunjukkan, penerimaan total retribusi perparkiran selalu tidak memenuhi target. Tahun 2007 hanya mendapat Rp 19,38 miliar atau 42,34 persen dari target Rp 45,79 miliar. Demikian tahun 2008, retribusi hanya tersedot 42,46 persen dari target Rp 26,40 miliar.

Padahal, jumlah mobil pribadi, angkutan barang dan bus yang ada di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi mencapai 5,5 juta unit.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik
Chandrika Chika.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry dan suaminya, Jusman, pada Rabu malam 24 April 2024 mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan. Kedatangan keduanya untuk mengecek Chika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024