Polisi Hamas Rampas Bantuan PBB

VIVAnews - Badan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNRWA) mengungkapkan bahwa oknum polisi Hamas telah menyita bantuan kemanusiaan untuk warga sipil Gaza.

Mengenal Sosok Pemimpin Tertinggi Negara Iran, Ternyata Bukan Presiden

Petugas masuk ke dalam gudang penyimpanan dan menyita pasokan bantuan. Padahal bantuan tersebut akan diberikan bagi lima ratus keluarga yang berada di tempat pengungsian yang dikelola UNRWA.

"Perampasan terjadi setelah staf UNRWA sebelumnya menolak menyerahkan bantuan kepada departemen sosial Hamas," tulis pernyataan yang dirilis UNRWA kemarin, seperti dikutip dari laman stasiun televisi al-Jazeera, Kamis 5 Februari 2009.

Ahmed al-Kurd, menteri urusan sosial Hamas, membenarkan perampasan tersebut. Kurd mengatakan kalau bantuan tersebut seharusnya didistribusikan dengan jangkauan lebih luas, tidak hanya pengungsi yang diurus UNRWA.

Pemerintah Hamas, kata Kurd, adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan dan mengawasi bantuan. Hamas menolak pembedaan diskriminatis.

UNRWA dibentuk tahun 1948 untuk menyediakan bantuan bagi pengungsi Palestina. Pengungsi yang dimaksud adalah mereka yang kehilangan rumah dan sarana hidup akibat konflik Arab-Israel yang membuncah segera setelah pembentukan negara Israel tahun 1948.

Bantuan kemanusiaan sangat diperlukan di Jalur Gaza, di mana lebih dari empat ribu rumah hancur dan 20 ribu bangunan rusak akibat serangan 22 hari Israel.

UNRWA mengatakan pihaknya memberikan bantuan makanan kepada 900.000 orang, di luar 1,5 juta populasi Palestina.


Makam para syuhada perang Uhud di Madinah

4 Perang Besar dalam Islam yang Terjadi di Bulan Syawal

Dalam catatan sejarah Islam, bulan Syawal dianggap sebagai bulan yang sarat dengan peristiwa-heroik. Pada masa lalu, terjadi 4 peperangan antara umat Muslim dengan musuh.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024