Ketua DPRD Tewas Diamuk Massa

Kapolri: Gedung Dewan Wajib Diamankan

VIVAnews - Aksi demonstrasi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Utara yang berujung tewasnya Ketua Dewan, Abdul Aziz Angkat menimbulkan keprihatinan. Peristiwa itu adalah kali pertamanya wakil rakyat tewas di gedung dewan, akibat didemo massa.

"Apalagi, saat itu dewan sedang melakukan agenda demi kepentingan bangsa, masyarakat, dan negara," kata Kepala Kepolisian RI, Jenderal Bambang Hendarso Danuri, di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Kamis 5 Februari 2009.

Kapolri berjanji semua gedung dewan, akan diamankan. "Wajib diamankan," tegas dia.

Tak hanya satu nyawa melayang. Aksi demo di Gedung DPRD Sumatera Utara juga mengakibatkan ruang paripurna rusak berat. Sebagain anggota dewan juga memilih tak masuk kantor karena masih trauma dan khawatir jika sewaktu-waktu ancaman aksi akan datang lagi.

Tewasnya Abdul Azis berawal dari aksi massa yang menuntut berdirinya Provinsi Tapanuli Selasa 3 Januari 2009. Namun saat politisi Partai Golkar ini hendak dibawa menuju mobil untuk dilarikan, massa datang lebih banyak. Azis lalu pingsan dan dibawa lari ke rumah sakit. Namun nyawanya tak tertolong lagi, dia tewas di rumah sakit. Menurut versi polisi, dia kena serangan jantung. Namun, keterangan dari sejumlah saksi, yang dikuatkan foto laman waspadaonline, Azis dipukuli oleh massa.

Kematian Azis diduga diakibatkan tak imbangnya jumlah polisi. Saat kejadian hanya ada 250 polisi, berhadapan dengan 2000 demonstran.

Polisi sudah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus demo anakrhis, salah satunya anggota DPRD, Candra Panggabean. Saat ini polisi sedang memburu tersangka lainnya, dengan petunjuk rekaman handycam aparat. Siaga satu ditetapkan di Sumatera Selatan, menyusul aksi demo anarkhis.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024