Ketua DPRD Tewas Diamuk Massa

Mendagri: Konsep Pemekaran Selesai Tahun Ini

VIVAnews - Departemen Dalam Negeri menargetkan grand design (rancangan utama) pemekaran wilayah akan rampung tahun ini. Isu pemekaran ini kembali muncul ke permukaan setelah insiden unjuk rasa pemekaran Provinsi Tapanuli yang menewaskan Ketua DPRD Sumatera Utara Abdul Aziz Angkat.

"Rencana pemekaran ada perumusan yang bersifat baku. Jadi Departemen Dalam Negeri pada 2009 ini harus menyelesaikan grand desain kabupaten/kota," ujar Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto di Gedung Departemen Dalam Negeri, Jakarta, Kamis 5 Februari 2009.

Proses perumusan itu sendiri saat ini sedang berjalan dan sudah memasuki pada simposium yang pertama. Nantinya, rumusan simposium ini akan diujicobakan di Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur.

"Jadi dengan demikian, pada tahun 2009 harus sudah keluar berapa jumlah semua provinsi dan kabupaten kota yang ideal. Kemudian, tidak semua harus terpenuhi untuk tahun ini, mengingat masing2 kesiapan provinsi tidak sama," ujar Mardiyanto.

Pernyataan Mardiyanto soal pemekaran ini masih terkait soal adanya demonstrasi yang menuntut pemekaran dan pengesahan Provinsi Tapanuli. Dalam aksi itu, Ketua DPRD Sumatera Utara Abdul Aziz Angkat tewas. Korban diduga tewas karena dianiaya para demonstran.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024