Pemerintah Antisipasi Pemulangan TKI Massal

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno mengaku akan mengantisipasi pemulangan TKI dari berbagai negara penempatan yang terjadi secara massal.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

"Yang terlihat baru di Malaysia, itupun belum terjadi secara massal," katanya usai Pertemuan Nasional Serikat Anti Pengangguran (SAP) dan Gerakan Pokoknya Harus Kerja (PHK) di Jakarta, Jumat, 6 Februari 2009..

Erman juga membantah adanya 100 ribu TKI yang dipulangkan pemerintah Malaysia kemarin. "Hanya 10 ribu yang dilaporkan sudah dipulangkan. Itupun terjadi secara bertahap," kata dia. Seluruh TKI tersebut berasal dari sektor manufaktur.

Erman berjanji akan memfasilitasi TKI yang akan pulang secara massal. Bahkan, dirinya akan menyambut bila ada TKI pulang secara massal. "Depnakertrans akan berkoordinasi dengan Departemen Luar Negeri untuk memonitor waktu pemulangan TKI," ujarnya.

Pemerintah, kata dia, akan menyediakan pelatihan di daerah-daerah untuk TKI yang pulang agar bisa alih profesi lain. Selain itu, pemerintah akan berdayakan program Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) secara nasional dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Kesejaheraan Rakyat.

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024