Prosesor Multi Core

Phenom II X3 Mulai Dijual

VIVAnews - Meski belum diumumkan secara resmi, ternyata prosesor AMD Phenom II X3 sudah beredar. Baik untuk versi standar ataupun versi Black Edition. Versi Black Edition adalah prosesor AMD yang tidak dikunci multiplier frekuensinya. Dengan kata lain, prosesor dapat dioverclock dengan mudah tanpa risiko komponen lain akan teroverclock.

Prosesor triple core AMD berbasis 45 nanometer dengan core bernama Heka yakni Phenom II X3 700 series tersebut sebenarnya baru akan diluncurkan beberapa minggu ke depan.

Produk pertama yang disiapkan adalah Phenom II X3 720 Black Edition, yang merupakan prosesor ramah overclock. Menggunakan tiga buah core x86, prosesor itu memiliki L2 cache sebesar 512KB per core, dan L3 cache sebesar 6MB yang digunakan secara bersama-sama oleh tiga core prosesor yang aktif. X3 720 Black Edition berjalan di frekuensi 200MHz dengan multiplier standar 14x yang artinya kecepatan prosesor adalah 2,8GHz. AMD memberikan rating thermal dissipation power 95 watt untuk X3 720 Black.

Seri kedua, yakni Phenom II X3 710 memiliki spesifikasi serupa dengan seri di atas. Namun tanpa embel-embel Black Edition, yang artinya pengguna prosesor ini tidak dapat menaikkan multiplier sesuka hati. Jika ingin overclock, hanya frekuensinya saja yang bisa dinaikkan. Untuk kecepatan standar, prosesor diset pada frekuensi 200MHz x 13 multiplier, alias 2,6GHz. Total cache dan TDP prosesor serupa dengan 720 Black.

Di salah satu retailer di Internet, kedua prosesor sudah tercantum dan dapat dipesan oleh calon pengguna. Harga pokok untuk Phenom II X3 710 mulai dari 131,05 sampai 143,94 dolar AS, sedangkan Phenom II X3 720 Black Edition dijual seharga 153,07 sampai 167,52 dolar AS.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024