Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat

Prabukusumo Dukung Siapapun Pilihan Yudhoyono

VIVAnews - Gusti Bendoro Pangeran Haryo Prabukusumo,  Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Demokrat, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengatakan mayoritas daerah telah memutuskan mendukung siapapun calon wakil presiden yang dipilih Susilo Bambang Yudhoyono maju ke pemilihan presiden 2009.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

“Kami mengikuti Yudhoyono. Memilih calon pendamping itu hak prerogatifnya. Dia yang menentukannya. Kami mendukung sepenuhnya,” kata Prabukusumo di sela-sela Rapat Pimpinan Nasional  Partai Demokrat di Pekan Raya Jakarta, Minggu 8 Februari 2009 malam. Prabukusumo adalah kerabat Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Partai Demokrat memutuskan mengusung Presiden Yudhoyono kembali maju di pemilihan presiden yang akan dilaksanakan tahun ini. Yudhoyono dianggap sukses melakukan berbagai perbaikan pemerintahan. Misalnya, menurunkan harga Bahan Bakar Minyak, memulai perbaikan kinerja aparat hukum, mengalokasikan anggaran pendidikan 20 persen sesuai amanat konstitusi, perbaikan pelayanan kesehatan, meningkatkan kepercayaan publik, dan menurunkan angka kemiskinan.

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Namun siapa tokoh yang akan disandingkan dengan Yudhoyono, kata adik Sri Sultan Hamengku Buwono ke-10 itu, belum ditentukan.

Salah satu syarat calon pendamping itu adalah memiliki basis massa dan dukungan partai yang dapat memuluskan langkah Yudhoyono maju ke pemilihan presiden. Itu untuk memenuhi syarat Undang-undang Pemilihan Umum bahwa partai atau gabungan partai baru dapat mengusung calon presiden dan wakil presiden bila mampu meraih kursi minimal 20 persen di parlemen atau 25 persen suara secara nasional.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Pendamping Yudhoyono tidak tertutup kemungkinan berasal dari kalangan profesional atau di luar partai politik. Karena tokoh dari kalangan ini dapat saja memiliki basis massa dan kredibilitas sebagai pemimpin.

Namun itu semua akan diputuskan setelah pemilihan legislatif 9 April 2009. Peta kekuatan tokoh yang kini tampil dan partai politik akan diketahui dari hasil pemilihan itu.

Panen raya di Kabupaten Purwakarta

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Panen raya di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus digencarkan memutus mata rantai darurat pangan jelang musim lebaran Idul Fitri 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024