Agar Tak Rugi Saat Belanja Online

VIVAnews  – Wanita memang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan belanja. Kesibukan kantor yang menumpuk bukan alasan untuk tidak berbelanja. Apalagi sekarang belanja makin mudah dengan fasilitas online.

Jadi, tidak perlu lagi mendatangi  toko untuk memilih barang. Anda tinggal lihat katalog, pesan, bayar dan barang bisa langsung diantarkan. Meskipun dimanjakan dengan segala kemudahan berbelanja, tetapi Anda juga harus tetap waspada. Jangan sampai Anda rugi dan tertipu setelah belanja online. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum belanja di internet.

Keamanan
Pastikan situs belanja yang Anda kunjungi memberikan keamanan informasi pribadi Anda (nama, alamat, dan nomor kartu kredit). Anda bisa menemukan di situs homepagenya, dan akan diverifikasi. Hal itu sangat penting mengingat kemanan data diri dan keuangan Anda.

Pastikan barang yang akan dibeli
Tidak ada kamar ganti di internet. Jika ingin membeli busana, sebaiknya Anda sudah mengetahui ukuran tubuh berdasarkan label yang akan dibeli. Jika Anda sudah menemukan baju atau barang yang diinginkan dan mencari harga yang lebih baik di online, lakukan saja.

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

Taktik tersebut memang dianjurkan. Biasanya di dalam toko harga pakaian bermerk lebih mahal dibandingkan yang dijual via internet. Saat mencoba di toko, catat ukuran Anda. Sesampai dirumah, dapat langsung memesan online.

Lebih Aman Membayar dengan Kartu Kredit
Gunakan kartu kredit untuk pembayaran, jangan kartu debit.. Kartu kredit lebih memliki fasilitas keamanan yang lebih baik dibandingkan kartu debit. Selain itu, kartu kredit memberikan perlindungan identitas bagi pemiliknya. Hal itu sangat bermanfaat untuk menghindari kejahatan perbankan.

Verifikasi Sistem keamanan
Variasi sistem dan tingkat keamanan bermacam-macam. Anda harus lebih berhati-hati. Beberapa situs belanja tidak menyediakan sistem keamanan tersebut. Artinya, kemanan data diri Anda belum tentu terjamin, dan sewaktu-waktu bisa saja terkena kejahatan online, seperti seperti pencurian identitas. Situs aman biasanya ditandai dengan “https://...” atau disertai dengan ikon kunci kecil di bagian bawah sebelah kanan.
 
Gunakan Komputer Pribadi
Jika ingin belanja online sebaiknya pilih komputer pribadi. Jangan di komputer yang biasa untuk berbagi, seperti di kantor. Pasalnya, jika memakai komputer yang digunakan bersama-sama kemungkinan spyware atau malware sangat tinggi. Dan, itu bisa merugikan Anda.

Kartu Belanja Isi Ulang
Jika sering melakukan belanja online akan lebih baik jika Anda memiliki kartu belanja isi ulang. Sewaktu-waktu, kartu tersebut hilang atau dicuri datanya tidak bisa terlihat dan pencuri tidak bisa menggunakannya lebih dari sisa uang yang ada dalam kartu.

Jangan Memberikan Data Pribadi
Beberapa situs belanja, memberikan kemudahan dan kecepatan bagi Anda yang memberikan informasi kartu kredit. Dan, hal itu memang sangat menggoda. Meskipun lebih cepat dan mudah, tetapi lebih berisiko. Karena, data pribadi Anda tersimpan di server mereka dan bisa saja dibobol oleh pencuri identitas. Jadi, masukkan data pribadi hanya ketika Anda akan berbelanja.

Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah dan Wali Kota Bogor Bima Arya

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Kementan lepas ekspor komoditas kelor 21 ton ke Cina, komoditas kelapa 33 ton ke Yordania, komoditas teh 200 kilogram ke Turki dan Rusia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024