Jelang Pemilu 2009

Pemungutan Suara di Papua Rawan Tak Serentak

VIVAnews - Pemilihan Umum 2009 di Papua dikhawatirkan tidak berjalan secara bersamaan. Kekhawatiran ini disebabkan karena berbagai faktor antara lain kondisi medan yang sulit dan diperparah cuaca yang tidak bersahabat. Praktis, distribusi logistik pun terancam terganggu.

"Kalaupun uang ada, pesawat ada, cuaca buruk bisa sebabkan penerbangan ditunda," kata anggota Komisi Pemilihan Papua, Hasyim Sangaji, di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 9 Februari 2009.

Menurut Hasyim, tidak ada transportasi darat yang menghubungkan dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya di Propinsi itu. Transportasi yang dapat ditempuh hanya melalui jalur laut dan udara.

Kendati demikian, Hasyim melanjutkan, panitia penyelenggara Pemilu dan pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk melaksanakan pemungutan suara secara serentak. "Asalkan cuaca bersahabat," ujar dia.

Papua terdiri atas dua puluh tujuh kabupaten/kota. Kini, panitia Komisi Pemilihan Umum Daerah sedang memeriksa validitas surat suara untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten di Kantor Komisi. "Semoga Rabu bisa selesai," ujar dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan memrioritaskan pencetakan dan pendistribusian surat suara untuk Papua. Bahkan pekan lalu Komisi Pemilihan Umum Pusat menargetkan untuk mengirimkan surat suara yang perdana ke Papua pada Senin, 9 Februari ini. Namun, hingga kini pemeriksaan validitas surat suara propinsi itu belum juga selesai.

Jika hal itu kemudian berimplikasi pemilu tak serentak di bumi Cenderawasih itu, hasyim mengatakah kejadian itu bukan hal luar biasa. Pada pemilu 2004 lalu, ada empat ribu Tempat Pemungutan Suara, tiga ratus diantaranya terlambat. "Bahkan ada yang pemungutan susulan pada hari plus lima," kata dia. Sedangkan pada Pemilu 2009 ini, kata dia, ada enam ribu Tempat Pemungutan Suara lebih.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Fauziyah Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics

Menaker Ida Fauziyah berhasil meraih 2 Penghargaan di ajang “5th Anniversary Indonesia Best 50 CEO Awards, Popular Leader Awards, & 20 Inspiring Women Awards.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024