Mari: Pasokan Gula Aman Sampai Maret

VIVAnews - Pemerintah memastikan stok gula nasional aman sampai Maret 2009. Sedangkan bagi daerah yang mengalami kenaikan harga, serta kesulitan pasokan gula akibat distribusi yang terhambat, pemerintah akan mengadakan operasi pasar.

Menurut Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, penyebab naiknya harga gula di beberapa daerah beberapa hari terakhir ini disebabkan kendala musiman. Yaitu musim hujan yang mengganggu distribusi, serta belum masuk waktu penggilingan.

"Dari hitung-hitungan, tidak ada masalah soal stok gula," kata Mari pada konferensi pers di Gedung Departemen Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta, Selasa, 10 Februari 2009.

Dia menambahkan, bagi daerah yang mengalami harga gula naik, operasi pasar akan segera digelar PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang menjadi mitra di daerah bersangkutan.

Namun, Mari tidak menyebutkan daerah mana yang akan melakukan operasi tersebut. "Kami sudah mengidentifikasi daerah mana saja yang dipertimbangkan untuk OP," ujarnya.

Minggu ini, tutur dia, pemerintah akan mengevaluasi keamanan stok gula dalam negeri dalam rapat Kamis 12 Februari mendatang di Surabaya.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Selain evaluasi, kata Mari, rapat akan membahas langkah mengamankan persediaan Februari dan Maret. "Karena musim giling masuk pada April ini," tutur dia.

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024