Ketua DPRD Sumatera Utara Tewas Di Tengah Demo

Wakil Ketua DPRD Diperiksa

VIVAnews - Polisi Daerah Sumatera Utara, Selasa, 10 Februari 2009 memeriksa sejumlah anggota dewan terkait aksi unjuk rasa yang mengakibatkan tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara Abdul Aziz Angkat, pada Selasa, 3 Februari 2009. Pemeriksaan juga dilakukan di gedung DPRD.    

Salah satu yang diperiksa adalah Wakil Ketua DPRD Sumut, Japorman Saragih yang pertama kali datang ke kantor polisi. "Kedatangan saya ini sebagai bentuk kepedulian untuk membantu polisi, dan ini inisiatif sendiri," ujar Japorman Saragih saat ditemui usai pemeriksaan, Selasa, 10 Februari 2009.

Dalam ketarangannya kepada polisi, Japorman menjelaskan, saat kejadian beberapa anggota dewan yang bertahan di ruang paripurna, berusaha untuk menenangkan massa yang mulai brutal. Namun saat itu, Japorman beserta tujuh anggota dewan lainnya malah membuka sidang rakyat untuk mengesahkan pembentukan Provinsi Tapanuli

Polda Sumut juga memeriksa anggota dewan di ruang Fraksi Golkar. Beberapa anggota dewan secara sukarela memberikan kesaksian. 
 
Sementara hingga siang ini, petrugas sudah mengamankan seorang calon legislatif Partai Damai Sejahtera dan seorang wartawan SIB serta seorang warga karena diduga terlibat aksi pengerahan massa. Polisi juga mengamankan dua mahasiswa Universitas Sisingamangaraja XII. Hingga saat ini petugas menetapkan 44 tersangka. 
 
Laporan: Budi Satria | Antv | Medan

KPU Ungkap Kubu Anies dan Ganjar Tak Pernah Ajukan Pembatalan Pencalonan Gibran
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyindir kubu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mempersoalkan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024