Vendor BlackBerry Akuisisi Certicom

VIVAnews - Untuk mengoptimalisasi pengamanan pada layanannya, penyedia servis sekaligus vendor ponsel pintar BlackBerry Research In Motion (RIM) mengakuisisi pengembang software kriptografi (sandi) Certicom.
 
Oleh RIM, Certicom diakuisisi senilai US$ 106,5 juta atau setara Rp 1,2 triliun. Menurut situs InformationWeek, RIM sudah sekitar US$ 53 juta atau setara Rp 623 miliar sebagai tanda jadi akuisisi ini.

Sebenarnya, RIM sempat menawar Certicom pada Desember silam. Namun saat itu belum ada kecocokan harga. Bahkan, beberapa waktu lalu, Certicom juga telah menyetujui tawaran akuisisi dari VeriSign dengan nilai yang tak ketahui.

Oleh karenanya, jumlah nilai akuisisi yang telah dicapai oleh RIM dan Certicom sebesar US$ 106,5 adalah dua kali lipat lebih besar dibandingkan tawaran RIM sebelumnya.
 
Sebab, Untuk melakukan pembatalan akuisisi dari VeriSign, Certicom terpaksa harus membayar sekitar US$ 4 juta atau setara dengan Rp 47 miliar.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Langkah akuisisi ini diumumkan di tengah hangatnya isu penggunaan BlackBerry oleh Presiden Barack Obama, yang sempat dipermasalahkan karena alasan keamanan informasi negara.

"Kami telah memikirkan tawaran RIM yang datang setelah persetujuan kami dengan VeriSign. Menurut kami, akan lebih menjanjikan jika kami menandatangani persetujuan akuisisi dengan RIM," ujar salah seorang eksekutif Certicom.

Hal itu juga diamini Presiden Certicom Jeffrey Chisholm. "Kami yakin, langkah kami akan mengantarkan kabar baik bagi para pemegang saham RIM," ujarnya. Kendati akuisisi itu baru diumumkan hari ini, teknologi kriptografi Certicom sudah dapat digunakan pada sistem operasi pengamanan BlackBerry.

Certicom populer dengan teknologi kriptografinya yang bernama Elliptic Curve Cryptography (ECC). Teknologi itu adalah software yang mampu mengenkripsi tiap satu bit data saat proses pengantarannya. Dengan teknologi ini, diyakini tidak ada seorangpun yang mampu memecahkan data terenkripsi itu.

Software-software Certicom juga digunakan oleh agen keamanan nasional Amerika Serikat. Teknologi penyandiannya itu dipakai untuk keperluan komunikasi di dalam lingkungan pemerintahan.

Dalam pernyataan yang berbeda, RIM juga optimis akan menerima penambahan pelanggan hingga sekitar 3,5 juta pelanggan. Meski pertumbuhan pelanggan BlackBerry diproyeksi stabil, RIM mengaku kinerja perusahaan per kuartal dan pendapatan kotornya, yang dirilis 2 April nanti, diestimasi masih rendah.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024