Kronologi Pesawat Jatuh Timpa Rumah

VIVAnews - Hasil temuan penyelidik kecelakaan pesawat Continental Airlines mengungkapkan apa yang terjadi pada menit-menit terakhir sebelum jatuh dan meledak di kota Buffalo negara bagian New York, Amerika Serikat, Jumat lalu.

Harian The Seattle Times mempublikasikan temuan itu dalam edisi Minggu, 15 Februari 2009. Pesawat Bombardier Dash 8 Q400 itu terbang pada ketinggian 487,6 meter menuju landasan Bandara Buffalo di arah barat daya. Kru pesawat melakukan persiapan mendarat. Sekitar 20 detik kemudian, seorang kru mengatur agar lidah di kedua sayap mencapai kemiringan hingga 15 derajat. Ini merupakan langkah standar pendaratan.

Hidung pesawat mendadak terguncang naik turun. Sementara badan pesawat bergerak ke kanan dan kiri. Sebuah mekanisme bernama 'stick shaker' meperingatkan bahwa kecepatan pesawat berkapasitas maksimal 74 orang itu terlalu rendah dan mesin-mesin akan berhenti bekerja dan kehilangan ketinggian. Kendali di tangan pilot bergetar.

Menghadapi keadaan ini, mekanisme bernama 'stick pusher' menuntut pilot menekan kendali ke depan untuk menurunkan hidung pesawat dan menambah kecepatan pesawat.

Pilot berhasil membuat mesin pesawat kembali bekerja tapi tidak mampu mengendalikannya. Pesawat itu jatuh menimpa sebuah rumah, pesawat membalik hingga ke arah sebaliknya, timur laut. Kejadian berlangsung sangat cepat sehingga lidah sayap tidak pernah mencapai kemiringan 15 derajat.

Rendahnya kecepatan pesawat membuat pesawat yang mengangkut 48 penumpang dari Bandara Newark, New Jersey ini hanya menimpa satu rumah di kawasan yang sebenarnya sangat padat itu. Garasi rumah hancur.

Rekaman suara di kokpit menunjukkan bahwa pilot kapten Marvin Renslow dan kopilot Rebecca Lynne Shaw memperhatikan terbentuknya es di jendela kemudi dan sayap bagian depan. Para kru lainnya juga menyadari hal itu.

Namun kondisi itu merupakan kejadian biasa di daerah Buffalo pada Februari. Pesawat milik maskapai Continental Airlines jatuh dan meledak di kota Buffalo negara bagian New York, Amerika Serikat pada Kamis, 12 Februari pukul 10.10 malam (Jumat, 13 Februari WIB). Seluruh 48 penumpang dan satu warga setempat tewas.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024