KTT ASEAN

Thailand Tak Terganggu Demo

VIVAnews - Menteri luar negeri Thailand Kasit Piromya memastikan penyelenggaraan ASEAN Summit tidak akan terganggu aksi unjuk rasa yang menuntut Kasit turun. Thailand menjadi tuan rumah ASEAN Summit ke-14 yang akan digelar di resor Cha-Am, Hua Him, Thailand pada 27 Februari hingga 1 Maret.

"Saya tidak mengerti alasan para demonstran karena pemerintah telah berupaya keras memperbaiki Thailand," kata Kasit pada Kamis, 27 Februari, seperti dikutip harian Thailand Thai Rath.

Kasit merupakan pendukung Partai Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) yang menggulingkan pemerintahan Samak Sundaravej dan Somchai Wongsawat. Partai ini menuduh dua pemerintahan itu merupakan kaki tangan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra.

Sejak Rabu, ribuan pendukung mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Sinawatra berunjuk rasa di jalanan kota Bangkok. Demonstran yang tergabung dalam Persatuan Demokrasi Melawan Kediktatoran (UDD) ini menuntut perdana menteri baru, Abhisit Vejjajiva dan Kasit untuk mundur dari jabatannya.

Namun Pemimpin UDD Nattawut Saikua menyatakan bahwa aksi unjuk rasa partai mereka tidak akan berujung pada kekerasan. "Kami tidak akan merangsek masuk ke Gedung Pemerintahan," kata Natawut dalam konferensi pers, Kamis.

Meski demikian, Natawut mengatakan UDD akan memperpanjang dan menambah lokasi unjuk rasa ke tempat-tempat pemerintah berada.

Polisi Periksa Amy BJ WNA Korea yang Laporkan Tisya Erni Hari Ini
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara mengatakan pihaknya menjadwalkan untuk pelaksanaan Pemilu lanjutan di 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta Utara pada Minggu 18 Februari 2024.

KPU Plans to Set Election Result on March 20

A member of the General Elections Commission (KPU), August Mellaz, has not ruled out the possibility of the 2024 election results being out on March 20, 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024