Direksi Bursa Efek

Karyawan Minta Calon Direksi dari Internal

VIVAnews - Kalangan internal PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap calon direksi bursa efek periode 2009-2012 juga berasal dari karyawan BEI.

Apalagi, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sempat mengimbau anggota bursa untuk menyertakan jajaran kepala divisi BEI dalam bursa pencalonan.

Menurut sumber VIVAnews, internal BEI menginginkan adanya kesempatan bagi karyawan bursa efek untuk mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon direksi.

"Selama ini calon direksi banyak berasal dari luar. Rekan-rekan di dalam ingin direksi periode mendatang berasal dari internal," kata sumber tersebut di Jakarta, Jumat 27 Februari 2009.

Keinginan tersebut muncul karena karyawan BEI lebih mengetahui seluk beluk kondisi bursa efek sejak awal.

Meski demikian, dia menambahkan, calon kuat direksi BEI masih belum jelas, karena banyak calon yang maju mundur. Sumber tersebut juga mengaku telah dihubungi beberapa anggota bursa untuk membicarakan hal tersebut.

"Unsur politisnya sangat kuat,” kata dia.

Saat dikonfirmasi mengenai peluang direksi saat ini, dia menambahkan, Direktur Teknologi dan Informasi BEI, Bastian Purnama dan Direktur Pengawasan BEI, Justitia Tripurwasani cukup memenuhi syarat. Sementara itu, direksi lain sudah melewati masa jabatannya.

Sebelumnya, banyak nama calon direksi yang akan diusulkan anggota bursa, seperti Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI), Lily Widjaja.

Selain itu, nama Edgar Ekaputra (direktur utama PT Danareksa), Inarno Djajadi (direktur utama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia ), dan Ananta Wiyogo (direktur utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia) muncul di pasar.

Bahkan, Ito Warsito (komisaris utama PT Bahana Securities) dan Michael Tjoajadi (direktur PT Schroder Investment Management Indonesia) juga santer disebut sebagai calon direksi bursa efek.

Meski demikian, dua calon kuat direktur utama BEI periode mendatang diperkirakan diperebutkan oleh Lily Widjaja dan Ito Warsito. Namun, Lily hingga saat ini belum memutuskan untuk maju atau tidak dalam bursa pencalonan direksi BEI.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai
Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024