Cegah Remaja Putri Tampil Menor

VIVAnews - Saat anak gadis Anda menginjak remaja, banyak hal yang ingin mereka coba. Salah satunya mencoba berdandan. Sebuah survei yang dilakukan analis konsumen Mintel menemukan bahwa lebih dari 60 persen siswa sekolah menengah pertama sudah terbiasa memakai make up.

Sebanyak 90 persen gadis remaja 14 tahun juga biasa berdandan setiap harinya. Beberapa orang tua membiarkan perilaku ini. Sisanya khawatir dengan tekanan agar para gadis tampak lebih dewasa.

Berikut kiat-kiat dari Sally Coulthard, pengarang 'The Parents' Book Of Checklists - From Toddlers To Teenagers', untuk mencegah putri Anda tampil menor alias dandan yang berlebihan:

Periksa kebijakan sekolah
Beberapa sekolah memiliki peraturan mengenai penampilan siswanya. Pastikan anak Anda tidak melanggar aturan apa pun.

Ajari anak merawat kulit
Anak-anak biasanya mulai menggunakan make up saat menginjak dewasa, seiring dengan perubahan hormon yang berpengaruh terhadap kondisi kulit. Kepercayaan diri anak juga tengah berada di ujung tanduk. Ajari anak Anda untuk melakukan perawatan kulit rutin untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Pahami efek pencitraan media
Remaja sangat rentan terhadap perasaan rendah diri karena selalu membandingkan diri dengan selebritis dan tokoh yang muncul di televisi atau majalah. Beritahu anak Anda bahwa citra di media adalah hasil kerja keras penata make up dan penyunting foto.

Beri contoh
Tentu sulit melarang anak memaparkan terlalu banyak krim, pemulas mata, pemerah pipi, dan gincu jika Anda melakukan hal yang sama.

Sarankan kosmetik berbahan alami
Sebagian besar kosmetik mengandung bahan kimia yang terlalu keras untuk kulit remaja. Pilih merek yang alami dan bebas bahan berbahaya.

Jangan mengejek
Meski anak Anda terlihat menggelikan, jangan sekalipun mengejek atau bahkan mempermalukan dia. Jangan mengeluarkan komentar yang menyakitkan karena sebagian besar remaja tidak menyukai penampilan mereka. Bisa-bisa komentar Anda malah memperburuk keadaan.

Sumber: goodtoknow.co.uk

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah
Zara, anak Ridwan Kamil.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Meskipun masih ada yang mengkritiknya, banyak juga yang merasa lega karena putri Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ini tidak memiliki niat untuk berpenampilan terbuka.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024