Kelahiran Kembali Hotel Indonesia

VIVAnews - Bundaran Hotel Indonesia adalah ikon Jakarta. Di kawasan ini, berdiri sebuah hotel bersejarah yang pernah menjadi lambang kejayaan Indonesia di masa lalu.

Hotel Indonesia (HI) merupakan hotel bintang lima pertama yang beroperasi di Asia Tenggara. Hotel dengan arsitektur unik ini diresmikan langsung oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada 5 Agustus 1962.

Di tengah geliat pertumbuhan arsitektur di Indonesia yang kian beragam, Hotel Indonesia tetap berdiri kokoh. Bangunan lamanya yang berlanggam arsitektur era modern masih dipertahankan.

Sempat berhenti beroperasi pada 2004 karena direnovasi, kini kemegahan HI kembali hadir dengan wajah baru. Pembangunan dan pengelolaan dilakukan oleh Kempinski Hotel yang merupakan grup hotel tertua di Eropa yang berpusat di Swiss.

"Hotel Indonesia Kempinski ini hadir dengan menggabungkan unsur lokal Indonesia dan kemewahan modern khas Kempinski," kata Gerhard E. Mitrovits, General Manager Hotel Indonesia Kempinski.

Lobi utama hotel tampil lebih modern dengan dominasi warna abu-abu, putih dan hitam. Permainan material kaca serta lampu gantung berdesain modern menambah kesan mewah.

Bagai galeri seni
Hotel Indonesia adalah satu-satunya hotel berbintang yang ditetapkan sebagai bangunan sejarah oleh pemerintah. Misi Soekarno mendirikan Hotel Indonesia adalah menampilkan Indonesia dalam kacamata modern tanpa meninggalkan unsur-unsur lokal. 

Oleh karena itu, para tamu hotel akan dimanjakan dengan karya seni
bernilai tinggi di dalamnya. Contohnya, patung Dewi Sri karya Trubus,
relief batu pahat berukuran 24x3 meter yang menggambarkan kehidupan masyarakat Bali karya sanggar Binangun, Yogyakarta, dan sebagainya.

Dari jendela kaca lobi utama terlihat ruangan Ramayana. Ruangan tersebut dulunya berfungsi sebagai restoran, tetapi saat ini bisa digunakan untuk ruang pertemuan Di bagian luarnya, terdapat relief berukuran besar bergambar gadis-gadis, dengan berbagai macam baju tradisional Indonesia.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

"Relief itu bernama Gadis Bhineka, dan Soekarno sendiri yang memberi nama," kata Inggrid Marzuki, Sales Coordinator Hotel Indonesia Kempinski.

Kisah unik dari Hotel ini adalah tamu pertamanya. Jika sekarang
tamu-tamu hotel datang dengan mobil mewah, tamu pertama hotel pada awal beroperasi datang hanya dengan menggunakan becak. Dan, hal itu terlihat dari foto yang dipajang di salah satu lobinya.

Ruangan lain yang cukup megah adalah Bali Room. Luas 100 meter
persegi, dan bisa digunakan sebagai ruangan pertemuan. Di dalamnya, terdapat dekorasi lampu kristal mewah.

Saat memasuki Bali Room, mata akan di manjakan dengan relief satwa laut yang di buat oleh Lee Man Fong, seniman kesayangan Bung Karno. "Relief tersebut sudah ada sejak Presiden Soekarno. Semua relief yang ada disini, tidak boleh dirombak karena mengandung nilai sejarah dan seni yang tinggi," kata Inggrid.

Kamar
Nuansa modern dengan dominasi warna putih, hitam dan abu-abupun terasa hingga ke kamar. Seluruh kamar di HI dilengkapi televisi layar datar 42 inchi, USB port, Wi-fi dan akses broadband.

Yang unik adalah bath up kamar mandi berbentuk oval berwarna putih, sangat mewah. Pemandangan dari kamar mandi pun langsung terarah ke Bundaran HI yang selalu sibuk.

Jumlah kamar Hotel Indonesia Kempinski ada 289 buah dengan berbagai tipe kamar. Termasuk di dalamnya satu Presidential Suite room.

Hotel Indonesia Kempinski ini menyambut tamu pertamanya pada Sabtu, 28 Februari 2009 kemarin. Dalam rangka pembukaan, para tamu dapat menikmati kamar deluxe dengan harga perkenalan US$ 190++. Dan jika melakukan pemesanan 30 hari sebelum menginap, Anda bisa mendapatkan harga spesial US$ 152++.

Sambil menikmati kemewahan interior hotel, Anda bisa mengenang jejak sejarah Indonesia yang masih tertinggal di dalamnya.

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Artikel tentang saham bernilai triliunan rupiah milik suami Sandra Dewi, Harvey Moeis menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024