KTT ASEAN di Thailand

ASEAN Dukung Kolaborasi Dana US$ 120 Miliar

VIVAnews - Para pemimpin negara anggota ASEAN menyambut baik kesepakatan para Menteri Keuangan untuk meningkatkan volume penghimpunan likuiditas valas guna memperkuat kolaborasi kawasan menghadapi krisis keuangan global.

Mereka sepakat dengan hasil yang dicapai oleh para Menteri Keuangan ASEAN+3 dalam pertemuan di Phuket, Thailand pada 22 Februari lalu.

Dalam pertemuan itu, para Menteri Keuangan ASEAN+3 sepakat meningkatkan volume pendanaan multileralisasi Chiang Mai Initiative (CMIM) dari semula US$ 80 miliar menjadi US$ 120 miliar.

"Langkah ini akan membuat mekanisme Chiang Mai Initiative dari krisis menjadi lebih kuat dan efektif," demikian pernyataan bersama para pemimpin negara ASEAN pada Minggu, 1 Maret 2009. 

Mereka meminta para Menteri Keuangan ASEAN untuk melanjutkan kerja sama dengan tiga negara mitra ASEAN. Ketiganya adalah Jepang, Korea Selatan dan China yang akan memberikan dukungan 80 persen dari pendanaan US$ 120 miliar.

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati buka suara soal melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar AS yang menembus level Rp 16.200 per dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024