Istana Mrigadayavan Hua Hin Thailand

VIVAnews – Sebagai kota peristirahatan keluarga raja, Hua Hin memiliki beberapa istana tempat tinggal raja dan keluarga berlibur. Selain Istana Klai Kangwon, masih ada istana musim panas lain, yaitu Istana Mrigadayavan yang berlokasi di pantai Bang Kra antara Cha am dan Hua Hin.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Istana ini dibangun tahun 1924 oleh Raja Rama VI sebagai tempat berlibur musim panas.Panjang bangunan ini 399 meter, ditopang oleh 1080 pilar, dan memiliki 16 bangunan terbuat dari kayu jati dengan arsitektur gaya Thai Victorian.

Antar bangunan di istana ini disambungkan oleh gang tempat berjalan dari kayu dengan posisi agak tinggi dari tanah untuk menyerap udara segar dari semua arah.

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan

Istana ini terbagi atas tiga bagian. Pertama, ruang pertemuan untuk bisnis dan hiburan, lalu wilayah bagian para pria termasuk ruangan pribadi Raja, dan bagian khusus perempuan. Sayangnya,tak diperbolehkan mengambil foto di ruangan pribadi Raja dan Ratu.

Dua koridor panjang memanjang dari bangunan utama ke dua paviliun pantai, satu untuk Raja dan satu lagi untuk para perempuan. Paviliun Raja memiliki salib besar di puncak atap, sebagai tanda aktivitas raja yang ditunjukkan dengan lampion warna – warna tertentu.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Bangunan kecil lain di bagian belakang istana untuk para penjaga dan pelayan.

Istana Mrigadayavan terbuka untuk umum setiap hari, kecuali Rabu, dari pukul 08.30 hingga 16.30. Harga tiket masuk 30 baht untuk orang Thailand maupun turis asing.

Buku petunjuk dalam bahasa Thai dan Inggris tersedia di pintu masuk dengan harga 50 baht. Sepeda juga tersedia untuk pengunjung yang ingin berkeliling melihat kompleks di luar istana, harga sewa 20 baht.

Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam rawa bakau dengan jembatan dari kayu untuk berjalan-jalan, juga ada menara untuk mengamati burung. Di istana ini juga ada patung Raja Rawa VI dan bangunan lebih kecil dari kayu jati, disebut rumah Chao Phraya Ramrakop.

Untuk berkunjung ke Istana Mrigadayavan, pengunjung tak boleh mengenakan celana pendek, rok mini atau pakaian tanpa lengan. Sarung dan kaos tersedia bagi pengunjung yang terlanjur berpakaian serba mini tadi sebelum memasuki bangunan.

Pengunjung juga tak diperbolehkan mengenakan sepatu, tapi dipinjami tas untuk membawa sepatu selama berkeliling istana, dan bisa dikenakan kembali saat keluar dari bangunan.

Istana ini berlokasi di pantai antara kamp militer Raja Rama VI, 10 km di selatan Cha am, 14 km utara dari Hua Hin. Maka untuk menuju ke istana ini, pengunjung harus melalui kamp militer dan diperiksa di pos keamanan.

Pengunjung yang mengendarai motor harus turun dan menuntun motornya hingga tiba di tempat parkir, hal yang sama juga harus dilakukan saat keluar.

Di istana inilah para pemimpin negara ASEAN menghadiri acara santap malam atas undangan pemerintah Thailand, usai kegiatan hari pertama KTT ASEAN ke-14, Sabtu 28 Februari 2009.

Para ibu negara dan istri kepala pemerintahan mengunjungi Istana Mrigadayavan, pada hari kedua Minggu 1 Maret 209, dalam acara khusus yang tertutup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya