Kunjungan Hillary Clinton ke Mesir

AS Bantu US$300 Juta untuk Pemulihan Gaza

VIVAnews - Menteri luar negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Hillary Rodham Clinton, akan mengumumkan pemberian dana kemanusiaan AS sebesar US$ 300 juta untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza, yang hancur lebur diserang Israel awal tahun ini.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Dalam kunjungan kerja di Mesir, Senin 2 Maret 2009, Clinton juga mengumumkan bantuan Amerika US$ 600 juta kepada Otoritas Palestina.

"Menlu Clinton akan mengumumkan donasi itu dalan konferensi perdamaian internasional di resor Sharm el-Sheik dekat Laut Merah, konferensi ini bertujuan menggalang dana untuk Gaza dan ekonomi Palestina," kata juru bicara departemen luar negeri AS Robert Wood pada wartawan, Minggu (1/3).

Dalam pertemuan ini, perdana menteri Otoritas Palestina di tepi Barat, Salam Fayyad akan meminta negara donor mengucurkan dana US$ 2,8 miliar untuk membiayai rencana rekonstruksi Palestina. Kelompok militan Hamas yang menguasai Jalur Gaza sejak Juni 2007 tidak diundang.

Fayyad meminta seluruh dana bantuan disalurkan melalui Otoritas Palestina di Tepi Barat. Ia telah merencanakan mengumpulkan dana bantuan internasional sebesar US$ 7,7 miliar untuk mendanai pembangunan antara 2008 hingga 2010.

Selama ini, Otoritas Palestina telah mengirim dana sebesar US$ 120 juta per bulan ke Gaza untuk membayar gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil. Dana lain, misalnya untuk membangun perumahan, dikirim langsung ke rekening bank di Gaza. Hamas sendiri telah mengirimkan proposal rencana rekonstruksi Gaza kepada negara-negara Liga Arab.

Wood mengatakan jumlah dana yang akan disumbangkan AS masih dalam proses pembahasan di Kongres. Ia menjelaskan dari US$ 600 juta untuk Otoritas Palestina, sebanyak US$ 200 juta akan disalurkan untuk membantu memperkuat ekonomi Palestina. Sisanya untuk mendanai reformasi institusi dan pembangunan ekonomi.

Wood mengatakan dana kemanusiaan AS untuk penduduk Gaza akan disalurkan melalui organisasi-organisasi internasional.

Clinton tiba di Sharm el-Sheik pada Minggu (1/3) dengan menggunakan penerbangan malam dari Washington. Ia segera menemui duta perdamaian AS untuk Timur Tengah, George Mitchell.

Selain mengikuti konferensi, Clinton dijadwalkan mengunjungi Israel. Clinton juga akan menemui pemimpin Palestina di Tepi Barat, Mahmoud Abbas. (AP)

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024