Forum Ekonomi Islam Dunia

Yudhoyono Jadi Moderator Diskusi

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi moderator diskusi dalam acara Wordl Islamic Economic Forum ke-5 di Jakarta. Presiden Yudhoyono memimpin diskusi dari enam kepala negara dan perwakilannya.

Diskusi yang hingga kini masih berlangsung itu mengusung tema 'Ketahanan Energi dan Pangan' di Hotel Ritz Carlton, Kawasan Niaga Sudirman, Jakarta, Senin, 2 Maret 2009. Masing-masing peserta pun memaparkan presentasi soal tema diskusi.

Peserta diskusi yang dipimpin Yudhoyono yakni, Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi, Perdana Mentetri Maroko Abbas El Fassi, Deputi Perdana Menteri Qatar Abdullah bin Hamad Al-Attiyah, Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Sheikh Saud bin Saqr Al Qasimi, Sekretaris Jenderal Organisasi Konferensi Islam (OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu, dan perwakilan dari Indonesia adalah Menteri Negara BUMN, Sofyan Djalil.

Yudhoyono pun mempersilakan masing-masing peserta untuk memaparkan pandangannya soal ketahanan energi, krisis ekonomi, dan perubahan iklim. Menurut Perdana Menteri Maroko, forum ini diharapkan dapat mencari jalan keluar atas segala permasalahan yang terjadi. "Pertemuan ini baik untuk menyatukan upaya dan mengatasi masalah," kata Abbas El Fassi.

Yudhoyono tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Abbas El Fassi atas pandangannya. "Terima kasih kepada Perdana Menteri Maroko yang juga menceritakan bagaimana langkah-langkah Maroko dalam mengatasi krisis dan mengurangi angka kemiskinan," ujar moderator.

Forum ini dihadiri sekitar 700 peserta. Tema dari pertemuan WIEF tahun ini adalah "Food and Energy Security & Stemming the Tide of Global Financial Crisis."

Resmi Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Tak Bisa Perkuat Timnas Indonesia Vs Vietnam

Pada pertemuan WIEF ke-5 ini Presiden juga akan menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Pemerintah Ras Al-Khaimah Emirate dengan Propinsi Kalimantan Timur; the ETA Star Dubai, Itochu Corporation Japan dengan PT Pertamina, Bank Muamalat Indonesia dengan the National Commercial Bank Saudi Arabia, the Islamic Payments System Sdn, dan Berhad Malaysia dan PT Pos Indonesia.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Marhan Harahap Dihadang Hingga Meninggal, Jokowi Minta Aparat Keamanan Bertindak Humanis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Marhan Harahap, pria bergamis yang sempat dihadang hendak ke Masjid Agung Rantau Prapat Labuhan

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024