Kiva.org

Tempat Virtual Pengusaha Kecil dan Pemodal

Bila kita sedang butuh modal usaha, kalau tidak pergi ke bank, mungkin kita musti pergi ke orang yang sedang kelebihan uang. Tapi kini, cukup perlu duduk di manis depan komputer, lalu mampir ke sebuah situs internet bernama Kiva.org. Apa sih Kiva.org? Ini adalah situs jejaring sosial yang bergerak dalam layanan keuangan mikro. Artinya, inilah tempat berkumpulnya para pencari modal juga investor, untuk menyepakati sebuah pembiayaan usaha berskala kecil.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Misalnya saja, seorang yang berada di Amerika Serikat, yang punya uang 'nganggur'. Lewat Kiva, ia bisa saja menyalurkannya uangnya sebagai pinjaman skala mikro kepada pengusaha yang berada nun jauh di Sudan, salah satu negara miskin di Afrika.

TechCrunch.com, sebuah blog khusus yang mengulas tentang perusahaan pemula di bidang web 2.0, memperkenalkan Kiva.Org sebagai bagian dari kampanye global, melalui Blog Action Day 2008, dengan tema utama kemiskinan .

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Pendekatan yang dilakukan Kiva.org memungkinkan seorang investor menyalurkan bantuan keuangan dengan jumlah kecil, walaupun hanya sebesar US$20 atau sekitar Rp.200.000. Bantuan ini diharapkan bisa berguna bagi wirausahawan skala mikro, misalnya untuk dana pengadaan sarana produksi atau modal usaha lainnya.

Ide semacam ini memang bukan yang pertama. Beberapa situs lain juga menawarkan layanan serupa, seperti Microplace.Com, atau aGoodCause.com. Situs-situs ini mewarnai pemanfaatan baru dari teknologi Web 2.0, khususnya jejaring sosial, untuk aksi nyata pemberdayaan masyarakat.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Situs lain yang turut terlibat dalam Blog Action Day 2008 adalah Change.org dan CuaseCast.org. keduanya adalah situs yang bergerak di bidang sosial dan memfasilitasi orang biasa, tokoh, maupun selebritis, untuk turut memecahkan segenap permasalahan sosial di dunia melalui teknologi jejaring sosial.

Di Indonesia, sebuah jejaring keuangan mikro juga pernah dirintis oleh ICMI pada tahun 1996 melalui proyek nasional BMT (Baitul Mal Wa Tamwil), sayang, hingga kini jejaring semacam ini tak pernah kelihatan dalam wujud virtualnya.

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024