Tradisi Pele Buat Obama

VIVAnews - Pamor Pele tidak hanya merambah dunia sepakbola. Di percaturan politik, sosok Pele juga dikenal di seantero jagad. Legenda sepakbola Brasil ini mempunyai tradisi yang terbilang unik.

Ya, pemain terbaik sepanjang masa ini memang dikenal luas di planet ini, termasuk di Amerika Serikat. Bahkan Pele mempunyai tradisi minum kopi dengan tokoh nomor satu di negara adidaya itu.

Kini, Amerika mempunyai presiden baru lewat Barrack Obama. Pele pun berharap dapat melanjutkan tradisi minum kopi dengan presiden kulit hitam pertama di Amerika itu.

"Saya telah mengirim ucapan selamat buat Obama dan dia telah mengirim email yang mengatakan sangat membutuhkan Brasil dan dia siap bekerja sama," ujar Pele seperti dilansir yahoosport, Selasa, 3 Maret 2009.

"Saat Obama sedikit luang tanpa tekanan, Saya akan pergi untuk minum secangkir kopi dengannya seperti yang saya lakukan dengan John F Kennedy, Richard Nixon dan Bill Clinton," tambahnya.

Ya, selepas gantung sepatu di usia 31 tahun, Pele memang memanfaatkan masa pensiunnya dengan berbagai aktivitas sosial.

Tak hanya itu, menjadi juru bicara di berbagai konfrensi internasional juga dilakoni pria 68 tahun ini. Pele juga menjadi ujung tombak Brasil dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2014.

Di Amerika, nama Pele juga dikenal luas. Selain karena mengakhiri karirnya di klub Amerika, New York Cosmos pada 1974 lalu, Pele memang dikenal dekat dengan tokoh-tokoh politik Abang Sam.

Bahkan, Pele mengaku sering mendapat perlakuan khusus di negara adidaya ini. "Saya selalu mendapat diskon setengah saat menonton film dan saya naik bis gratis," ujar Pele dalam berbagai kesempatan.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Qodari mengatakan jika Paslon 01 dan 03 serius, seharusnya mereka ajukan gugatan pencalonan Gibran ke PTUN sejak awal saat pendaftaran peserta Pilpres 2024 ditetapkan KPU

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024