Prabowo Borong Buah Sawit Petani

VIVAnews - Prabowo Subianto melalui perusahaannya memborong tandan buah segar kelapa sawit produksi petani mandiri di atas harga pasar. Tindakannya ini mendatangkan simpati Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Akasindo).

"Tindakannya ini merupakan bukti nyata kepedulian Pak Prabowo kepada petani dengan cara membeli tandan buah segar," kata Ketua Umum Akasindo, Sumail, di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Rabu 4 Maret 2009.

Perusahaan Prabowo memiliki 16 ribu hektar perkebunan kelapa sawit berikut unit pengolahannya. Perusahaan ini juga membeli tandan buah segar petani mandiri di atas harga pasar Rp 500-600 per kilogram. Harga yang didapat petani mandiri itu disamakan dengan petani plasma yakni Rp 1.000 perkilogram.

Karena itu, hari ini, Akasindo mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya itu untuk menjadi calon presiden. Pimpinan Akasindo di pusat dan daerah berkumpul di Hotel Grand Kemang menyatakan dukungan pada anak begawan ekonomi Sumitro Djojohadikusumo itu.

Prabowo sendiri menyambut baik dukungan itu. Mantan Panglima Kostrad itu menyatakan petani harus memilih pemimpin yang bisa secara nyata meningkatkan taraf hidup petani. "Pilihlah pemimpin yang sanggup mengangkat kita keluar dari lubang kemiskinan bangsa kita selama ini," ujarnya.

Prabowo mengatakan, Indonesia bisa menerapkan sistem ekonomi kerakyatan. Ekonomi kerakyatan juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi. "Tim ekonomi saya siap menjelaskan rencana-rencana yang lebih rinci kepada saudara-saudara," ujarnya.

Prabowo menyatakan membeli tandan buah segar kelapa sawit sebagai pengusaha. "Saya bisa merasakan penderitaan petani kelapa sawit. Saya pikir harus ada tindakan nyata untuk menolong mereka. Kita sudah lelah dengan berbagai retorika yang katanya untuk memperbaiki kesejahteraan petani. Namun fakta di lapangan hanya omong kosong," katanya.

Ke depan, Prabowo merencanakan pabrik kelapa sawit dimiliki koperasi petani. Dengan begitu, keuntungan yang selama ini lari ke pengusaha, akan tersebar ke kalangan petani.

Sebenarnya Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-23 Lawan Jepang, Bukan Korea Selatan
Parto Patrio

Dilarikan ke Rumah Sakit, Parto Patrio Jalani Operasi

Ternyata setelah dibawa ke rumah sakit, Parto Patrio pada hari ini, Rabu 24 April 2024, menjalani operasi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024