Pemilihan Legislatif 2009

Kiat Bersaing Kampanye dengan Putra Presiden

VIVAnews – Bersaing satu daerah pemilihan dengan Edi Baskoro, putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menjadi tantangan tersendiri bagi Hasto Kristianto, anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Misalnya, kata Hasto, dari segi modal dia memang kalah dari Edi Baskoro. “Dana yang digunakan untuk membiayai kampanye Edi mencapai miliaran,” kata Hasto di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis 5 Maret 2009. Tetapi Hasto tak mau menyebut jumlah modalnya untuk menyaingi Edi.

Itulah sebabnya, Hasto tak heran dengan kemampuan Edi dalam mengepung seluruh pelosok Daerah Pemilihan VII Jawa Timur dengan berbagai alat kampanye. “Semua alat peraga kampanye milik Edi terpasang dengan cepat di seluruh penjuru daerah pemilihan itu,” katanya.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Wakil Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu PDIP itu mengatakan baliho merupakan salah satu media komunikasi politik yang manjur. Itu sebabnya media kampanye model ini masih menjadi pilihan calon legislator.

Karena itu, Hasto mengatakan, nama Edi kian mencorong di Jawa Timur. “Jadi, saya seperti  berada di persimpangan jalan, apakah mau pasang baliho atau tidak,” kata Hasto.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Akhirnya, Hasto berketetapan hati tidak mau ikut cara Edi. Sebab bila sama, maka tidak ada nilai lebih di mata masyarakat. Hasto mengatakan punya strategi sendiri. “Saya perkuat organisasi dan sosialisai program kepada masyarakat,” kata dia. “Ini juga tak kalah efektifnya.”

Dia optimis kampanye Partai Demokrat yang gencar di Jawa Timur, tak akan sanggup menarik massa partai banteng moncong putih. Menurut dia, Jawa Timur termasuk basis kuat PDIP.

“Demokrat hanya mendapat limpahan suara dari partai lain.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya