Peralatan Astronomi Kuno

VIVAnews - Saat ini peralatan untuk melihat keadaan ruang angkasa sudah sangat canggih. Mulai dari teleskop hingga stasiun ruang angkasa yang dikendalikan oleh robot.

Tetapi tahukah kalian sebenarnya peralatan untuk astronomi itu sudah ada sejak jamah dahulu. Hal itu terbukti dengan ditemukannya peralatan di kapal Yunani Kuno yang tenggelam 2000 tahun lalu.

Alat tersebut dapat memprediksi waktu terjadinya gerhana dan dikenal dengan nama antikythera. Ukurannya, sebesar kotak sepatu dan terbuat dari logam. Saat ditemukan di bawah air 100 tahun yang lalu, keadaan alat sudah hancur. 

Untuk meneliti alat tersebut para ilmuwan menggunakan sinar X dan komputer tomografi. Dengan cara itu mereka bisa melihat isi di dalam antikythera.

"Komputer tomografi dapat melihat isi, bentuk dan cara kerja antikythera," kata John M. Steele, salah satu peneliti dari Universitas Durham di Inggris.

Peneliti menemukan alat tersebut terdiri dari 30 roda perunggu dan 225 gigi roda. Hal itu membuktikan bahwa peralatan tersebut dapat digunakan pada komputer untuk memprediksi kapan gerhana bulan dan matahari terjadi.

Para peneliti memperkirakan alat tersebut juga dapat mengetahui pergerakan planet-planet di ruang angkasa. Penemuan tersebut juga menunjukkan antikythera sudah digunakan 1000 tahun lamanya.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun
Herjuniot Ali

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Lebih lanjut, Herjunot Ali menuturkan bahwa menjadi seorang DJ memberinya sensasi yang berbeda dibandingkan dengan akting. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024