Enterprise Storage

S550, Storage untuk UKM

Hari ini perusahaan solusi storage asal Sunnyvale, NettAp, mengumumkan produk storage terbarunya yang diperuntukkan bagi perusahaan kecil dan menengah yaitu storage tipe S-Family. Storage ini diharapkan bisa menjadi solusi tepat bagi perusahaan kecil dalam menghadapi krisis ekonomi global.

Menurut Country Manager NetApp Indonesia, Steven Law, sebelumnya, NetApp hanya menyediakan storage bagi perusahaan kelas menengah dan perusahaan besar atau enterprise. Namun, storage NetApp untuk perusahaan kecil akan tersedia dalam waktu dekat.

Storage tersebut adalah NetApp S550 yang memiliki kapasitas 1 Terabita (1000 gigabit). Storage bercasis 2U ini menggunakan teknologi bus SATA II, 2GB memori, dual redundant power supply, dan Ethernet 10/100/1000 untuk I/O (Input dan Output). Yang membedakannya dengan storage merek lain, adalah kemampuan adaptasi dan skalabilitas yang tidak terbatasi. 

Dengan platform Unified Architecture, yang telah dikembangkan NetApp sejak 2004, storage ini bisa diperluas ke skala kapasitas tak terbatas. Bahkan, menurut Steven, ia dapat diimplementasikan bersama storage-storage mid range yang berukuran lebih besar, atau dengan storage kelas enterprise, yang berukuran petabita (jutaan gigabit).  

Produk-produk lain, jelas Steven, tidak akan mempu mencapai skalabilitas seperti ini. Biasanya mereka memiliki produk storage berkapasitas kecil, yang hanya bisa diperluas hingga besaran tertentu. Misalnya, sebuah perusahaan membeli storage dengan skala 1 Terabita - 30 Terabit. Maka, bila perusahaan tadi hendak memperbesar kapasitas storage-nya, harus melakukan migrasi data ke sistem penyimpanan yang lebih besar. 

Selain itu, platform ini juga memungkinkan pelanggan untuk bisa menggabungkan berbagai arsitektur penyimpanan, baik Network Attached Storage(NAS), Storage Area Network (SAN), juga berbagai protokol jaringan. 

NetApp bisa melakukan hal tersebut, kata Steven, karena teknologinya memisahkan metadata (informasi tentang data), dari kontroler storage (bagian yang mengontrol duplikasi data di storage, rate, dan lain-lain). Jadi, ketika kontroler harus disesuaikan dengan penambahan kapasitas, data lama tetap bisa digunakan.

Untuk menarik konsumen, NetApp juga memberikan charge lisensi piranti lunak, yang diperhitungkan berdasarkan sistem terpakai, bukan berdasarkan besar kapasitas terpakai, sehingga menawarkan ongkos kepemilikian yang lebih murah.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

"Era di mana pelanggan terpaksa membeli karena tidak memiliki pilihan sudah berakhir," ujar Steven setengah berpromosi. Kendati peluncurannya baru akan dilakukan pada awal tahun depan, NetApp S 550 sudah akan tersedia di Indonesia mulai Nopember yang akan datang, dengan banderol 5999 USD atau Rp 59 juta.

Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024