Kampanye Artis Pengaruhi Perolehan Suara

VIVAnews - Inisiatif selebriti seperti Beyonce Knowles, Christina Aguilera, dan Sean 'P. Diddy' Comb berhasil meyakinkan para remaja untuk memberikan suara mereka dalam pemilu, hal itu berdasarkan penelitian yang diumumkan pada Selasa.

"Kaum selebritas lebih punya kekuatan menggalang kekuatan publik meskipun mereka tidak menguasai masalah yang sedang dibicarakan".

Demikian hasil penelitian Washington State University yang dipublikasikan dalam jurnal Mass Communication and Society, VIVAnews kutip, Rabu 22 Oktober 2008.

Hasil survei terhadap 305 mahasiswa di universitas tersebut kontras dengan polling lain yang mengindikasikan dukungan selebritis terhadap kandidat presiden tidak berpengaruh pada perolehan suara.

Penelitian itu menyatakan: "Kampanye yang didukung artis dengan sukses menurunkan tingkat kepuasan dan membantu anak-anak muda percaya pada dampak yang mereka timbulkan terhadap sebuah sistem politik. Anak-anak muda terlibat pada tingkat yang lebih tinggi dan menjadi lebih sadar akan isu-isu sosial."

Studi yang dilakukan oleh Erica Austin ini meneliti pengaruh kampanye 'get out the vote' pada 2004 silam yang melibatkan artis Beyonce Knowles, Christina Aguilera, P. Diddy, dan selebriti lainnya. Penelitian itu mengutip polling Pace University pada 2004 yang menunjukkan 44 persen pemilih pemula berumur antara 18 hingga 25 tahun.

Riset itu mengungkapkan, "Penyebab meningkatnya partisipasi pemilih muda secara drastis pada 2004 dapat dihubungkan dengan promosi 'get out the vote' yang dilakukan para selebritis."

Sekitar 44 juta orang usia 18 hingga 29 tahun, telah memenuhi syarat memberikan suara pada pemilihan presiden AS, 4 November mendatang. Jika para pemilih pemula melampaui 50 persen, itu berarti hanya untuk ketiga kalinya dalam sejarah hal itu terjadi, sejak terakhir kali umur pemilih lebih rendah dari 18 tahun pada 1972.

Jika golongan pemilih muda melampaui 50 persen, itu adalah kali ketiga sejak usia pemilih diturunkan menjadi 18 tahun sejak 1972. Golongan tersebut mencapai 55 persen pada tahun 1972. Turun menjadi 40 persen pada tahun 1996 dan 2000. Namun naik lagi menjadi 49 persen pada tahun 2004.

Para selebriti seperti Jessica Alba, Leonardo DiCaprio, Halle Berry, Jennifer Aniston, Ashton Kutcher, Eva Longoria, dan Dustin Hoffman terlibat dalam kampanye tahun ini. Mereka mendorong masyarakat menggunakan hak pilih mereka.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan
Sheila on 7

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Selasa 23 April 2024:

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024